Hukum Jual Beli Kucing Menurut Islam, Begini Pendapat Ulama

Kastolani · Senin, 15 Februari 2021 - 06:30:00 WIB
Hukum Jual Beli Kucing Menurut Islam, Begini Pendapat Ulama
Dita Agustina memberi makan kucing di Parung, Bogor, Jumat (27/12/2019) (Foto: iNews/Wildan Hidayat)

JAKARTA, iNews.id - Di masa pandemi Covid-19, banyak orang berburu hewan peliharaan untuk mengisi waktu luang dan mengusir jenuh. Salah satu yang banyak dicari dan dijual belikan yakni kucing. Namun, ada perbedaan pendapat dari ulama mengenai hukum jual beli kucing.

Mengenai jual beli kucing, Rasulullah SAW bersabda:

أن النبي صلى الله عليه وسلم نهى عن ثمن الهرة قال القفال: المراد الهرة الوحشية إذ ليس فيها منفعة استئناس ولا غيره

Artinya: Sesungguhnya Nabi SAW melarang uang (dari penjualan) kucing”. Al-Qaffal berkata : "Yang dimaksud adalah kucing liar karena tidak ada kemanfaatan di dalamnya baik bersifat sebagai penghibur atau lainnya".

Dikutip dari Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah-KTB (PISS-KTB), pelarangan dalam hadits di atas adalah pelarangan yang bersifat tanzih bukan mengarah pada pengharaman dalam pengertian melarang kebiasaan manusia yang saling toleransi dan mencari-cari kucing (untuk diperjual belikan hingga melalaikan segalanya dan tiada berfaedah).

Diterangkan pula dalam kitab Asnaa al-Mathaalib II/31 :

وَيَجُوزُ بَيْعِ الْهِرَّةِ الْأَهْلِيَّةِ وَالنَّهْيُ عن ثَمَنِ الْهِرَّةِ كما في مُسْلِمٍ مُتَأَوَّلٌ أَيْ مَحْمُولٌ على الْوَحْشِيَّةِ إذْ ليس فيها مَنْفَعَةُ اسْتِئْنَاسِ وَلَا غَيْرُهُ أو الْكَرَاهَةُ فيه لِلتَّنْزِيهِ قال في الرَّوْضَةِ وَالْمَقْصُودُ أَنَّ الناس يَتَسَامَحُونَ بِهِ

Artinya: Dan boleh menjual belikan kucing rumahan. Sedang pelarangan pengambilan uang hasil penjualan kucing dalam hadits Muslim dita’wil bahwa kucing yang dimaksud dalam hadits tersebut adalah kucing liar, karena tiada manfaat sebagai penghibur dan lainnya didalamnya, atau kemakruhan tersebut tergolong makruh tanzih. An-Nawaawy dalam kitab ar-Raudhah menjelaskan “Yang dimaksud dalam hadits tersebut adalah semua orang".

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3