Hukum Puasa Arafah dan Tarwiyah Jelang Idul Adha yang Harus Kamu Tahu

Ami Heppy S · Jumat, 01 Juli 2022 - 17:16:00 WIB
Hukum Puasa Arafah dan Tarwiyah Jelang Idul Adha yang Harus Kamu Tahu
Hukum Puasa Arafah dan Tarwiyah (Foto: Istimewa)

Puasa Tarwiyah

Berbeda dengan puasa Arafah yang memiliki dalil kuat, dalil tentang puasa Tarwiyah justru dhaif atau lemah.
Sejumlah hadits tentang puasa Tarwiyah memiliki derajat dhaif (lemah) dan maudhu' (palsu).

Dalam salah satu hadist menyebutkan:
”Siapa yang puasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti puasa sebulan. Dan untuk puasa pada hari tarwiyah seperti puasa setahun, sedangkan untuk puasa hari arafah, seperti puasa dua tahun.”
Hadits tersebut berasal dari jalur Ali al-Muhairi dari at-Thibbi, dari Abu Sholeh, dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu, secara marfu’.

Para ulama kemudian menegaskan jika hadits tersebut adalah palsu. Ibnul Jauzi (wafat 597 H) mengatakan,” Hadis ini tidak shahih. Sulaiman at-Taimi mengatakan, ’at-Thibbi seorang pendusta.’ Ibnu Hibban menilai, ’at-Thibbi jelas-jelas pendusta. Sangat jelas sehingga tidak perlu dijelaskan.’ (al-Maudhu’at, 2/198).”
Dengan demikian hadits di atas tidak dapat dijadikan dasar untuk melaksanakan puasa tarwiyah.

Meski begitu, tidak ada larangan untuk melaksanakan puasa Tarwiyah pada 8 Dzulhijjah. Karena keterangan di atas hanya memberi kesimpulan bahwa tidak ada keutamaan khusus untuk melaksanakan puasa Tarwiyah.
Sebagian umat Islam menyandarkan pendapat pelaksanaan puasa tarwiyah pada hadits yang diriwayatkan oleh beberapa istri Rasulullah SAW:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya, …” (HR Abu Daud No. 2437). Hadits di atas tidak secara khusus menyebutkan puasa Tarwiyah, melainkan puasa pada sembilan hari awal Dzulhijjah, yaitu pada hari pertama hingga ke-9 dimana di dalamnya juga termasuk tarwiyah. Maka dari itu, hukum puasa Tarwiyah adalah sunnah.
Itulah hukum puasa Arafah dan Tarwiyah yang perlu kamu ketahui.

Editor : Komaruddin Bagja

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda