Hukum Puasa Arafah dan Tarwiyah Jelang Idul Adha yang Harus Kamu Tahu

Ami Heppy S · Jumat, 01 Juli 2022 - 17:16:00 WIB
Hukum Puasa Arafah dan Tarwiyah Jelang Idul Adha yang Harus Kamu Tahu
Hukum Puasa Arafah dan Tarwiyah (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Apa hukum puasa Arafah dan Tarwiyah? Puasa Arafah dan puasa Tarwiyah merupakan puasa sunnah yang dilakukan dua hari berturut-turut yang dilaksanakan sebelum Hari Raya Idul Adha. 

Puasa Tarwiyah dilaksanakan setiap tanggal 8 Dzulhijjah, sedangkan puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah. Untuk mengetahui hukum Arafah dan Tarwiyah, simak rangkuman iNews.id dari berbagai sumber berikut ini.

Hukum Puasa Arafah dan Tarwiyah

Puasa Arafah

Puasa Arafah dilaksanakan setiap 9 Dzulhijjah yang pada tahun ini jatuh pada Sabtu (9/6/2022).  Imam Nawawi dalam Al Majmu’ (6: 428) berkata, “Adapun hukum puasa Arafah menurut Imam Syafi’i dan ulama Syafi’iyah: disunnahkan puasa Arafah bagi yang tidak berwukuf di Arafah. 

Adapun orang yang sedang berhaji dan saat itu berada di Arafah, menurut Imam Syafi'i secara ringkas dan ini juga menurut ulama Syafi’iyah bahwa disunnahkan bagi mereka untuk tidak berpuasa karena adanya hadits dari Ummul Fadhl.”

Keutamaan melaksanakan puasa Arafah ini adalah akan dihapusnya dosa selama satu tahun yang lalu dan setahun yang akan datang.
Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW:

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ اَحْتَسِبُ عَلَى اللّهِ اَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِيْ قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِيْ بَعْدَهُ، وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ اَحتَسِبُ عَلَى اللّهِ اَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِيْ قَبْلَهُ

“ … Dan puasa pada hari Arafah –aku mengharap dari Allah- menghapuskan (dosa) satu tahun yang telah lalu dan satu tahun yang akan datang. Dan puasa pada hari ‘Asyura’ (tanggal 10 Muharram) –aku mengharap dari Allah menghapuskan (dosa) satu tahun yang telah lalu.” (HR Muslim, Abu Dawud, Ahmad, Baihaqi, dan lain-lain).
Berdasarkan hal tersebut maka hukum puasa Arafah adalah sunnah, dimana jika dilaksanakan akan mendapatkan pahala dan jika ditinggalkan juga tidak akan mendapat dosa.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda