Hikmah

Hukum Tajwid Surat Al Furqan Ayat 67, Lengkap dengan Penjelasan serta Cara Baca

Kastolani · Minggu, 30 Oktober 2022 - 15:37:00 WIB
Hukum Tajwid Surat Al Furqan Ayat 67, Lengkap dengan Penjelasan serta Cara Baca
Hukum tajwid Surat Al Furqan ayat 67 yang perlu dipelajari dalam membaca Alquran dengan benar. (Foto: stoke.adobe)

JAKARTA, iNews.id - Hukum tajwid Surat Al Furqan ayat 67 lengkap dengan penjelasan can cara baca dalam artikel ini patut disimak agar bisa membaca Al Quran dengan benar.

Surat Al Furqan ayat 67 ini berisi tentang sifat baik lainnya dari orang-orang mukmin adalah mereka dalam menafkahkan harta tidak boros dan tidak pula kikir, tetapi tetap memelihara keseimbangan antara kedua sifat yang buruk itu. 

Berikut teks Surat Al furqan ayat 67 dan artinya

وَالَّذِيْنَ اِذَآ اَنْفَقُوْا لَمْ يُسْرِفُوْا وَلَمْ يَقْتُرُوْا وَكَانَ بَيْنَ ذٰلِكَ قَوَامًا

Artinya: Dan, orang-orang yang apabila berinfak tidak berlebihan dan tidak (pula) kikir. (Infak mereka) adalah pertengahan antara keduanya. (QS. Al Furqan: 67).

Dalam Surat Al Furqan ayat 67 tersebut banyak terdapat hukum tajwid yang perlu diperhatikan di antaranya Mad Asli atau Mad Thabi'i, ikhfa haqiqi, idgham bilaghunnah, qalqalah sughra dan Mad Iwad. Berikut penjelasan lengkapnya.

Hukum Tajwid Surat Al Furqan ayat 67

1. Idgham Syamsiyah
Hukum tajwid Surat Al Furqan ayat 67 pertama yakni Idgham Syamsiah atau Alif Lam Syamsiah terdapat pada kata وَالَّذِيْنَ. 

Hal ini terjadi karena huruf lam bertemu salah satu huruf Al Syamsiah yakni Dzal. Ciri lainnya hukum Alif Lam Syamsiah tersebut berada dalam Tanda Tasydid yang terletak di atas huruf Syamsiah.

Cara membaca Alif Lam Syamsiah adalah dengan memasukkan (mengidghamkan) Al (lam sukun) ke huruf-huruf syamsiah sehingga bacaan lam sukunnya hilang dan lebur ke dalam huruf syamsiyah yang mengikutinya, atau seolah-seolah dengan membuang lam sukun dan mentasydidkan huruf-huruf syamsiah.

2. Mad Thabi'i atau mad Asli
Hukum tajwid Surat Al Furqan ayat 67 berikutnya yakni Mad Thabi'i atau Mad asli yang terdapat pada kalimat وَالَّذِيْنَ. Dihukumi Mad Thabi'i karena huruf mad Ya didahului dzal yang berharakat kasrah. Cara bacanya dipanjangkan 2 harakat.

3. Mad Jaiz Munfasil
Hukum tajwid Surat Al Furqan ayat 67 selaanjutnya yakni mad Jaiz Munfasil yang terdapat pada kalimat اِذَآ. . Dihukumi Mad Jaiz Munfasil karena ada mad thabi'i yang bertempat di akhir kata setelah itu terdapat hamzah yang bertempat di kata yang lain setelahnya dan tidak ada yang memisahkan antara mad dan hamzah tersebut.Cara bacanya yakni dipanjangkan 4-5 harakat.

4. Ikhfa Haqiqi
Hukum tajwid Surat Al Furqan ayat 67 lainnya yakni Ikhfa Haqiqi yang terdapat pada kalimat اَنْفَقُوْا. Hal ini terjadi karena ada Nun disukun ( نْ ) kemudian di belakangnya terdapat salah satu huruf ikhfa yakni Fa. Cara bacanya dengan dengung dan ditahan 3 harakat.

5. Qalqalah Sughra

Hukum tajwid Surat AL Furqan ayat 67 berikutnya yakni Qalqalah Sughra yang terdapat pada kalimat اَنْفَقُوْا yakni huquf qalqalah sughra berada di tengah kalimat. Cara bacanya dipantulkan ringan.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda