Hikmah

Ilmu Kalam: Pengertian, Ruang Lingkup, Sejarah Perkembangan, serta Firqoh

Kastolani ยท Selasa, 02 November 2021 - 16:24:00 WIB
Ilmu Kalam: Pengertian, Ruang Lingkup, Sejarah Perkembangan, serta Firqoh
Ilmu kalam merupakan salah satu ilmu yang membahas masalah ketuhanan. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Ilmu Kalam pengertian, ruang lingkup, sejarah perkembangan dan firqoh-forqohnya penting diketahui agar bisa menjadi Muslim yang moderat sebagaimana yang diinginkan Rasulullah SAW. Pengertian Ilmu kalam adalah ilmu yang membahas berbagai masalah ketuhanan dengan menggunakan argumentasi yang rasional atau sesuai dengan pemahaman akal manusia.

Ilmu Kalam merupakan salah satu ilmu Islam, sebuah disiplin rasional dan logis. Ilmu kalam merupakan sebuah ilmu yang mengkaji doktrin-doktrin dasar atau akidah-akidah pokok Islam (ushuluddin).

Ilmu Kalam memiliki banyak nama, di antaranya: Ilmu Kalam, Ilmu Ushuluddin, Ilmu Tauhid, Fiqh Al Akbar, Teologi Islam.

Pengertian Ilmu kalam secara etimologis ilmu adalah suatu pengetahuan dan kalam artinya perkataan atau percakapan. Kalam yang dimaksud bukan pembicaraan dalam pengertian sehari-hari, melainkan dalam pengertian pembicaraan yang bernalar dengan menggunakan logika. Ciri utama ilmu kalam ialah rasionalitas. 

Menurut Al Farabi ilmu kalam adalah disiplin ilmu yang membahas dzat dan sifat Allah beserta eksistensi semua yang mungkin (makhluk) mulai dari penciptaan hingga kebangkitan berlandaskan doktrin Islam.

Ibnu Khaldun menjelaskan ilmu kalam adalah ilmu yang mengandung berbagai argumentasi tentang akidah imani berdasarkan dalil-dalil rasional.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda