Tausiah

Jihad Utama Perempuan Dalam Hadits Nabi SAW

Kastolani · Jumat, 02 April 2021 - 06:30:00 WIB
Jihad Utama Perempuan Dalam Hadits Nabi SAW
Jihad utama perempuan dalam hadits Nabi SAW adalah melaksanakan ibadah haji dan umrah. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Peristiwa bom bunuh diri yang dilakukan teroris dalam sepekan terakhir mengentak ketenangan masyarakat. Ironisnya, beberapa terduga teroris itu merupakan perempuan. Mereka mungkin berdalih melakukan teror bom bunuh diri dan menyerang orang-orang yang tidak bersalah sebagai jihad.

Pemahaman tersebut jelas keliru dalam pandangan agama dan sangat tidak dibenarkan.

Dalam Alquran pun ditegaskan larangan untuk bunuh diri atau membunuh orang lain tanpa alasan kuat.

Allah SWT berfirman:

وَاَنْفِقُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَلَا تُلْقُوْا بِاَيْدِيْكُمْ اِلَى التَّهْلُكَةِۛ وَاَحْسِنُوْاۛ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ

Artinya: Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. (QS. Al Baqarah: 195).

Dikutip dari pusatkajianhadis (PKH.or.id), Rasulullah SAW melarang perempuan berjihad. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa jihad utama perempuan adalah melaksanakan ibadah haji.

Hadis Bukhari No. 2663.

قَالَ الإِمَامُ ألبُخَارى رَحِمهُ الله نَعَالى : حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ إِسْحَاقَ عَنْ عَائِشَةَ بِنْتِ طَلْحَةَ عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ اسْتَأْذَنْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْجِهَادِ فَقَالَ جِهَادُكُنَّ الْحَجُّ وَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْوَلِيدِ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ مُعَاوِيَةَ بِهَذَا

Imam Bukhari Rahimahullahu Ta’alaa berkata :

Telah bercerita kepada kami Muhammad Ibn Katsir telah mengabarkan kepada kami Sufyan dari Mu’awiyah Ibn  Ishaq dari  ‘Aisyah binti Thalhah dari ‘Aisyah, ummul mu’minin radliallahu ‘anha berkata: “Aku meminta izin kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam untuk berjihad, maka Beliau bersabda: “Jihad kalian adalah haji”. Dan [‘Abdullah bin Al Walid] berkata telah bercerita kepada kami Sufyan dari Mu’awiyah dengan hadits seperti ini.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3