Hikmah

Keutamaan Surat Al Mulk dan Al Waqiah, Penyelamat Siksa Kubur hingga Dimudahkan Rezeki

Kastolani · Senin, 17 Januari 2022 - 18:01:00 WIB
Keutamaan Surat Al Mulk dan Al Waqiah, Penyelamat Siksa Kubur hingga Dimudahkan Rezeki
Keutamaan Membaca Surat Al Mulk dan Al Waqiah yang sangat dianjurkan untuk dihafalkan tiap Muslim. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Surat Al Mulk dan Al Waqiah merupakan dua surat dalam Al Quran yang paling sering dibaca dan dianjurkan untuk dihafalkan karena memiliki keutamaan. 

Surat Al Mulk yang berjumlah 30 ayat dan juga disebut dengan Surat Tabarok ini memiliki mukjizat atau keutamaan bagi yang rutin membaca dan menghafalnya yakni sebagai penyelamat siksa kubur, syafaat hingga ampunan dosa.

Adapun keutamaan Surat Al Waqiah, para ulama menyatakan  membaca surat ini akan dimudahkan rezekinya oleh Allah SWT, serta dijauhkan dari kefakiran.

Surat Al Waqiah artinya Hari Kiamat. Surat ini termasuk surah Makkiyyah yang turun pada masa Rasulullah belum hijrah ke Madinah. 

Berikut keutamaan Surat Al Mulk dan Al Waqiah yang dianjurkan untuk rutin dibaca dan dihafalkan:

1. Keutamaan Surat Al Mulk akan Mendapat Syafaat dan Ampunan

Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Hajjaj ibnu Muhammad dan Ibnu Ja'far. Keduanya mengatakan, telah menceritakan kepada kami Syu'bah, dari Qatadah, dari Abbas Al-Jusyami, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah Saw, yang telah bersabda:

«إِنَّ سُورَةً فِي الْقُرْآنِ ثَلَاثِينَ آيَةً شَفَعَتْ لِصَاحِبِهَا حَتَّى غُفِرَ لَهُ: تَبارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ»

Artinya: "Sesungguhnya di dalam Alquran terdapat suatu surat berisikan tiga puluh ayat dapat memberi syafaat bagi pembacanya hingga ia mendapat ampunan, yaitu Tabarakal Lazi Biyadihil Mulku (surat Al-Mulk)".

2. Surat Al Mulk Jadi Pembela yang Membacanya
 
Imam Tabrani dan Al-Hafiz Ad-Diya Al-Maqdisi telah meriwayatkan melalui jalur Salam ibnu Miskin, dari Sabit, dari Anas yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw telah bersabda:

«سُورَةٌ فِي الْقُرْآنِ خَاصَمَتْ عَنْ صَاحِبِهَا حَتَّى أَدْخَلَتْهُ الْجَنَّةَ: تَبارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ»

Artinya: Ada suatu surat yang membela pembacanya hingga memasukkannya ke dalam surga, yaitu Tabarakal Lazi Biyadihil Mulku.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda