Khasiat Surat Al Mulk ayat 14, Amalkan Sebagai Wirid agar Mendapat Keutamaan Berikut Ini

Rilo Pambudi · Kamis, 28 April 2022 - 21:34:00 WIB
Khasiat Surat Al Mulk ayat 14, Amalkan Sebagai Wirid agar Mendapat Keutamaan Berikut Ini
Khasiat surat Al Mulk ayat 14 (Foto: Elements Envato)

JAKARTA, iNews.id - Khasiat surat Al Mulk ayat 14 mungkin dapat menginspirasi umat muslim untuk mengamalkannya. Surat Al Mulk merupakan surat ke-67 dalam Al Quran yang memiliki 30 ayat.

Surat ini tergolong surat Makkiyah. Kata Al Mulk secara harfiah memiliki arti 'Kerajaan'. Nama lain surat ini adalah ah At Tabaarak yang memiliki arti 'Maha Suci'.

Surat ini menjadi salah satu surat yang dianjurkan untuk dibaca. Hal itu seperti yang disabdakan oleh Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

«لَوَدِدْتُ أَنَّهَا فِي قَلْبِ كُلِّ إِنْسَانٍ مِنْ أُمَّتِي»

Artinya: Sungguh aku menginginkan bila surat ini dihafal di dalam kalbu setiap umatku.

Secara khusus, surat Al Mulk ayat ke-14 diyakini memiliki beberapa khasiat. Bacaan ayat tersebut juga biasa dijadikan bacaan dzikir atau wirid.

اَلَا يَعۡلَمُ مَنۡ خَلَقَؕ وَهُوَ اللَّطِيۡفُ الۡخَبِيۡرُ

“Alaa ya'lamu man kholaq wahuwal lathiiful khabiir”

Artinya: Apakah (pantas) Allah yang menciptakan itu tidak mengetahui? (yang kamu lahirkan dan rahasiakan) dan Dia Maha Halus, Maha Mengetahui.

Surat Al Mulk Ayat 14 tersebut menjelaskan tentang peringatan kepada orang musyrik yang tidak percaya akan luas dan detailnya pengetahuan Allah SWT terhadap semua makhluk yang diciptakan-Nya. 

Dalam ayat tersebut, Allah SWT menegaskan bahwa Dia mengetahui semua yang ada di bumi maupun di langit betapa pun jauh dan tersembunyinya serta semua perkataan manusia meskipun tersembunyi dalam hati.

Dilansir iNews.id dari Shafi Qolbu, ada beberapa khasiat ayat 14 dari surat Al Mulk. Di antara beberapa khasiat surat Al Mulk adalah sebagai berikut ini.

Khasiat Surat Al Mulk ayat 14

- Dipandang Berwibawa

Jika ayat ini sering diamalkan, maka diyakini dapat membawa kharisma berwibawa bagi yang mengamalkannya.

- Merasa Kalau Ajal Hampir Tiba

Disebutkan juga bahwa sering mengamalkan ayat ini akan membuat seseorang lebih paka. Khususnya ketika ajal mereka sendiri akan segera tiba.

- Meluaskan Rezeki dan Jauh dari Kefakiran

Jika mengamalkan ayat ini menjadi wirid atau dzikir harian, diyakini juga bahwa ayat 14 ini memiliki khasiat untuk meluaskan rezeki dan menghilangkan fakir.

- Menolak Bala Besar

Khasiat lain dari ayat ini adalah dapat menolak bala yang bersar. Namun agar dapat menjadi penolak bala, ayat ini dibaca sebanyak 2012 kali.

- Jauh dari Siksa Kubur

Membaca ayat ini juga diyakini dapat menjauhkan diri dari siksa kubur. Khususnya jika dibaca bersama dengan ayat 15 sekalian.

Keutamaan Membaca Surat Al Mulk 

Banyak keutamaan surat yang dapat diperoleh dari kebiasaan membaca Surat Tabarok (Al-Mulk). Berikut ini adalah beberapa hadits yang menyebut keutamaan membaca surat Al Mulk yang merupakan awal Juz 29:

1. Diampuni Dosanya

Membaca surat yang terdiri dari 30 ayat tersebut dapat membawa ampunan terhadap dosa-dosa sebagaimana yang diriwayatkan dalam hadits berikut.

عن أبي هريرة، عن النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قال: سورة من القرآن، ثلاثون اية؛ تَشْفَعُ لصاحبها حتى يُغْفَرَ له: تبارك الذي بيده الملك. (رواه أبو داود واللفظ له, والترمذي وغيرهما، وصححه ابن حبان والحاكم والذهبي، وحسنه الترمذي والألباني)ـ

“Ada surat dari Al Qur'an yang terdiri dari 30 ayat, Surat tersebut dapat memberikan syafa’at bagi ‘temannya’ (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu: Surat Tabarokalladi bi yadihil mulk“. (HR. Abu Dawud, diriwayatkan pula oleh at-Tirmidzi dan yang lain).

Anas bin Malik mengatakan, Rasulullah-shallallahu alaihi wasallam bersabda:

عن أنس بن مالك قال، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: سورة من القرآن، ما هي إلا ثلاثون آية، خاصمت عن صاحبها حتى أدخلته الجنة، وهي تبارك. (رواه الطبراني في المعجم الأوسط وحسنه الألباني في صحيح الجامع)ـ

“Ada surat dari Al Qur'an, ia hanya terdiri dari 30 ayat, Surat tersebut dapat membela ‘temannya’ sehingga memasukkannya ke surga, yaitu: Surat Tabarok“. (HR. Thabrani dalam Mu'jam Al Ausath, dan dihasankan oleh Albani dalam Shahihul Jami’)

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda