Hikmah

Lafadz Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh, Simak Jadwal, Keutamaan dan Sejarahnya

Kastolani · Rabu, 23 Juni 2021 - 16:41:00 WIB
Lafadz Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh, Simak Jadwal, Keutamaan dan Sejarahnya
Ilustrasi niat berpuasa ayamul bidh. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Lafadz bacaan niat puasa ayyamul bidh Bulan Juni 2021 perlu diketahui agar ibadah puasa sunnah yang dijalankan mendapat keutamaan dan pahala dari Allah SWT. Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Bulan Juni 2021 bertepatan dengan Bulan Dzul Qa'dah jatuh pada Kamis, Jumat, dan Sabtu yakni tanggal 24, 25, dan 26 Juni 2021.

Direktur Rumah Fiqih Indonesia, Ahmad Sarwat MA menerangkan, niat adalah syarat sah semua ibadah. Tanpa niat maka semua jenis ibadah tidak sah dilakukan.

Namun niat melakukan ibadah berbeda dengan melafadzkan niat. Lafadz nawaitu shauma ghadin... bukanlah niat itu sendiri, melainkan hanya merupakan lafadz dari niat. Niat itu sendiri adanya di dalam hati.

Ketika seseorang berpuasa dan menyengaja di dalam hatinya bahwa dirinya akan melakukan puasa, itu namanya niat. Sebaliknya, seorang yang melafazkan lafadz niat, belum tentu di dalam hatinya berniat melakukan puasa.

Sebaliknya, seseorang mungkin saja berniat untuk puasa esok harinya, meski lidahnya tidak melafadzkan apapun. Sebab tempat niat itu memang bukan di lidah, melainkan apa yang terbersit di hati.

Sebagian ulama yang terlalu berhati-hati dengan masalah niat ini, sehingga saking tingginya kehati-hatiannya, sampai-sampai mereka menganjurkan untuk melafadzkan saja niat itu dengan lisan. Mungkin maksudnya, bisa lebih pasti dan lebih mantap, paling tidak bisa menjamin bahwa dirinya sudah berniat. Meski mereka tidak mewajibkannya, namun mereka menganjurkannya.

Sebagian kalangan lainnya mengatakan bahwa melafadzkan niat itu tidak menjadi kewajiban, syarat atau apapun. Bahkan kalau sampai ke tingkat keyakinan bahwa melafazkan niat itu suatu keharusan, sudah termasuk mengada-adakan perkara baru di dalam agama, padahal tidak diperintahkan dan tidak juga dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Berikut lafadz bacaan niat Puasa Ayyamul Bidh:

نويت صوم غد ايام البيض سنة لله تعالى.

Nawaitu Shauma Ghadin Ayyaamul Bidh Sunnatan Lillaahi Ta'ala.

Artinya : Saya niat berpuasa besok pada hari-hari putih sunnah karena Allah Ta'ala.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3