Mahram yang Tidak Membatalkan Wudhu, Siapa Saja?
JAKARTA, iNews.id- Inilah deretan mahram yang tidak membatalkan wudhu. Mahram adalah istilah dalam agama Islam yang merujuk kepada orang-orang yang diharamkan untuk menikahi satu sama lain berdasarkan hubungan keluarga atau ikatan darah tertentu.
Konsep mahram penting dalam konteks hukum syariah yang mengatur hubungan antara laki-laki dan perempuan.
Dalam Islam, ada batasan-batasan tertentu yang ditetapkan dalam hubungan antara laki-laki dan perempuan untuk menjaga kehormatan dan menjauhkan kemungkinan terjadinya hubungan intim di luar pernikahan.
Dilansir dari NU Online, dalam Fiqih Munakahat, terdapat daftar orang-orang yang dianggap sebagai mahram dan bukan mahram.
حُرِّمَتْ عَلَيْكُمْ اُمَّهٰتُكُمْ وَبَنٰتُكُمْ وَاَخَوٰتُكُمْ وَعَمّٰتُكُمْ وَخٰلٰتُكُمْ وَبَنٰتُ الْاَخِ وَبَنٰتُ الْاُخْتِ وَاُمَّهٰتُكُمُ الّٰتِيْٓ اَرْضَعْنَكُمْ وَاَخَوٰتُكُمْ مِّنَ الرَّضَاعَةِ وَاُمَّهٰتُ نِسَاۤىِٕكُمْ وَرَبَاۤىِٕبُكُمُ الّٰتِيْ فِيْ حُجُوْرِكُمْ مِّنْ نِّسَاۤىِٕكُمُ الّٰتِيْ دَخَلْتُمْ بِهِنَّۖ فَاِنْ لَّمْ تَكُوْنُوْا دَخَلْتُمْ بِهِنَّ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ ۖ وَحَلَاۤىِٕلُ اَبْنَاۤىِٕكُمُ الَّذِيْنَ مِنْ اَصْلَابِكُمْۙ وَاَنْ تَجْمَعُوْا بَيْنَ الْاُخْتَيْنِ اِلَّا مَا قَدْ سَلَفَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا ۔
Diharamkan atas kamu (menikahi) ibu-ibumu, anak-anak perempuanmu, saudara-saudara perempuanmu, saudara-saudara perempuan ayahmu, saudara-saudara perempuan ibumu, anak-anak perempuan dari saudara laki-lakimu, anak-anak perempuan dari saudara perempuanmu, ibu yang menyusuimu, saudara-saudara perempuanmu sesusuan, ibu istri-istrimu (mertua), anak-anak perempuan dari istrimu (anak tiri) yang dalam pemeliharaanmu151) dari istri yang telah kamu campuri, tetapi jika kamu belum bercampur dengan istrimu itu (dan sudah kamu ceraikan), tidak berdosa bagimu (menikahinya), (dan diharamkan bagimu) istri-istri anak kandungmu (menantu), dan (diharamkan pula) mengumpulkan (dalam pernikahan) dua perempuan yang bersaudara, kecuali (kejadian pada masa) yang telah lampau. Sesungguhnya Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(QS: An Nisa ayat 23).
Ini mencakup ibu mertua dan nenek mertua. Setelah pernikahan terjadi, seorang laki-laki menjadi mahram bagi ibu mertuanya, baik melalui hubungan nasab atau persusuan.
Namun, syaratnya adalah pernikahan harus sah, memenuhi persyaratan dan rukun.
Ini termasuk anak tiri melalui hubungan nasab atau persusuan. Juga termasuk dalam kategori ini adalah anak perempuan dari anak tiri, yang biasanya disebut cucu tiri.
Cucu tiri ini menjadi mahram karena lahir dari anak tiri yang sudah menjadi mahram. Namun, anak tiri menjadi mahram setelah memiliki hubungan dengan ibunya. Cucu tiri yang lahir sebelum pernikahan tidak dianggap sebagai mahram.
Ibu tiri menjadi mahram, baik sang ayah sudah melakukan hubungan badan dengannya atau belum. Dengan demikian, seorang anak perempuan menjadi mahram bagi ayah tirinya setelah terjadi hubungan badan antara ibu dan ayah tirinya.
Sebaliknya, seorang laki-laki menjadi mahram bagi ibu tirinya setelah pernikahan terjadi, meskipun ayahnya belum melakukan hubungan badan dengan ibu tirinya.
Menantu langsung menjadi mahram setelah pernikahan, baik menantu melalui hubungan nasab atau persusuan. Namun, menantu melalui hubungan anak angkat tidak dianggap sebagai mahram berdasarkan petikan "min aslabikum" dalam ayat yang disebutkan di atas.
Demikianlah penjelasan mengenai empat baris mahram dalam Fiqih Munakahat jika Anda seorang laki-laki.
Sementara itu, ada empat baris yang menjadi mahram karena pernikahan. Namun, hanya tiga baris, yaitu mertua, menantu, dan ibu tiri, yang langsung menjadi mahram meskipun hanya setelah akad nikah.
Sedangkan satu baris, yaitu anak tiri perempuan, menjadi mahram setelah terjadi hubungan badan dengan ibu tirinya. Mahram yang dimaksudkan di sini adalah mahram mu'abbad atau mahram permanen.