Hikmah

Makna Dalam Surat Al Fil Ayat 1-5 Beserta Artinya, Lengkap dengan Tafsir

Kastolani · Selasa, 06 Desember 2022 - 07:00:00 WIB
Makna Dalam Surat Al Fil Ayat 1-5 Beserta Artinya, Lengkap dengan Tafsir
Makna dalam Surat Al Fil ayat 1-5 beserta artinya tentang pasukan gajah. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Makna dalam Surat Al Fil ayat 1-5 penting Muslim ketahui karena banyak mengandung hikmah. Al Fil artinya gajah. Nama surat Al Fil diambil dari kata al Fil yang terdapat dalam ayat pertama. 

Surah Al Fil terdiri atas 5 ayat. Diturunkan di mekkah setelah surah Al Kafirun, sehingga digolongkan sebagai surah makkiyyah, urutan surah ke-105 dari 114 dalam Al Quran.

Teks Surat AL Fil ayat 1-5 beserta artinya:

أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ (1) أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِي تَضْلِيلٍ (2) وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ (3) تَرْمِيهِمْ بِحِجَارَةٍ مِنْ سِجِّيلٍ (4) فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَأْكُولٍ (5)

Artinya: Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah. Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka'bah) itu sia-sia? dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong, yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar, lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat)". (QS. Al Fil: 1-5)

Lantas, apa saja makna yang terkandung dalam surat tersebut? Berikut ulasan lengkapnya

Makna Dalam Surat Al Fil Ayat 1-5

Dilansir dari Buku Quran Hadis Kelas II Madrasah Ibtidaiyah, Surat Al Fil menceritakan tentang pasukan bergajah dari Yaman yang dipimpin oleh Raja Abrahah yang ingin meruntuhkan Kakbah di Mekkah. 

Peristiwa tersebut terjadi pada tahun 571 M yang bertepatan dengan lahirnya Nabi Muhammad SAW, sehingga tahun itu disebut tahun gajah.

Pasukan bergajah diazab oleh Allah SWT dengan mengirimkan burung ababil. Burung ababil membawa batu kerikil yang sangat panas dari dalam neraka.

Surat Al Fil memberikan pelajaran kepada bahwa siapa pun yang menentang dan memusuhi Allah maka akan gagal dan binasa. Seperti Raja Abrahah yang mencoba menghancurkan Kakbah, namun Allah melindungi bangunan suci itu.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda