Perintah Nabi untuk Bersikap Baik pada Wanita, Inilah Alasan Perempuan Harus Dimuliakan

Rilo Pambudi · Selasa, 28 Juni 2022 - 17:39:00 WIB
Perintah Nabi untuk Bersikap Baik pada Wanita, Inilah Alasan Perempuan Harus Dimuliakan
Perintah Nabi Untuk Bersikap Baik pada Wanita (Foto: Prostock studio)

JAKARTA, iNews.id - Perintah Nabi untuk bersikap baik pada wanita patut untuk diindahkan setiap muslim. Pasalnya, perempuan atau wanita merupakan makhluk Allah yang memiliki banyak keistimewaan.

Perempuan akan menjadi seorang istri dan seorang ibu yang sangat dimuliakan perannya di dalam kehidupan. Oleh karena itu, ada banyak hadits Nabi Muhammad SAW yang berisi tentang keutamaan memuliakan dan bersikap baik kepada perempuan.

Pada masa pra-Islam, banyak peradaban yang memandang wanita sebagai kaum rendahan dan tidak dimuliakan. Wanita dianggap sebagai sarana kesenangan saja, hina, atau kaum budak semata.

Namun setelah Islam masuk, ajaran Nabi Muhammad SAW membawa nilai baru yang memerangi segala bentuk kezaliman dan menjamin setiap hak manusia tanpa terkecuali. 

Islam memuliakan, menjaga, dan memperlakukan baik wanita. Seperti firman Allah tentang bagaimana semestinya memperlakukan kaum wanita di dalam ayat berikut:

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya,….” (Ar-Ruum [30]: 21)

Berdasarkan ayat tersebut, jelas bahwa kedudukan wanita harus sepadan dan dimuliakan oleh laki-laki. Sebab wanita pada dasarnya diciptakan dari tulang rusuk lelaki untuk keberlangsungan kehidupan.

Perintah Nabi Untuk Bersikap Baik pada Wanita

Semasa hidupnya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga sering mengingatkan melalui sabdanya agar umat Islam senantiasa menghargai, memuliakan, dan bersikap baik pada wanita. Dalam sabda tersebut juga termuat alasan mengapa seorang wanita harus dimuliakan.

Pesan-pesan Nabi Muhammad tersebut termuat dalam hadits-hadits berikut ini.

اِسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ خَيْرًا

"Aku wasiatkan kepada kalian untuk berbuat baik kepada para wanita." (HR Muslim: 3729)

خَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لأَهْلِهِ وَأَنَا خَيْرُكُمْ لأَهْلِى

"Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap istrinya, dan aku adalah yang paling baik terhadap istriku." (HR Tirmidzi, dinyatakan shahih oleh Al Albani dalam “ash-shahihah”: 285)

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda