Puasa Jadi Instrumen Membentuk Karakter Orang Bertaqwa

Dani M Dahwilani · Minggu, 09 Mei 2021 - 22:39:00 WIB
Puasa Jadi Instrumen Membentuk Karakter Orang Bertaqwa
Ibadah puasa pada Ramadhan menjadi instrumen bagi umat muslim membentuk karakter orang bertaqwa. (Foto: NUI)

JAKARTA, iNews.id - Ibadah puasa pada Ramadhan menjadi instrumen bagi umat muslim membentuk karakter orang bertaqwa dan fitri. Seperti apa prosesnya?

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) Profesor Dr Phil Kamaruddin Amin MA mengemukakan ibadah merupakan instrumen agar bisa merasakan sinyal-sinyal ketuhanan. Melalui ibadah puasa manusia dapat merasakan kehadiran Allah. 

“Orang bertaqwa adalah orang yang selalu merasakan kehadiran Allah SWT,” ujar Kamaruddin dalam kajian 'Hakekat Taqwa dan Fitri' yang diselenggrakan Nurani Institute Indonesia (NUI) tentang Pendidikan Karakter Milenial Ke-9 secara online, Sabtu (8/5/2021), pukul 20.15 WIB.

"Orang yang selalu merasakan kehadiran Allah akan memiliki kepribadian yang berintegritas. Karena sejatinya saat kita beribadah kepada Allah, kita sedang membangun komitmen pribadi antara Allah dan diri kita," katanya.

Dia menuturkan tantangan umat manusia setelah merasakan kehadiran Allah adalah bagaimana menerjemahkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam beberapa literatur disebutkan ini berkaitan dengan pembersihan hati dan purifikasi spiritual. Ibadah Puasa menjadi salah satu instrumen membentuk karakter yang bertaqwa. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2