Hikmah

Bahaya Meninggalkan Sholat Wustha atau Ashar, Dihapuskan Amal hingga Kubur Dipenuhi Api

Kastolani · Selasa, 02 Februari 2021 - 19:09:00 WIB
Bahaya Meninggalkan Sholat Wustha atau Ashar, Dihapuskan Amal hingga Kubur Dipenuhi Api
Muslim diperintahkan untuk menjaga sholat wustha atau Ashar. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Menjalankan sholat lima waktu atau fardu merupakan kewajiban tiap Muslim yang tidak bisa ditunda atau ditawar. Salah satunya sholat wustha atau Ashar. 

Dalam kondisi apa pun, ketika waktu sholat tiba Muslim harus bersegera menjalankannya.

Dalam Alquran, Allah SWT memerintahkan kepada umatnya untuk menjaga sholat wustha atau ashar.

{حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلاةِ الْوُسْطَى وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ (238) فَإِنْ خِفْتُمْ فَرِجَالا أَوْ رُكْبَانًا فَإِذَا أَمِنْتُمْ فَاذْكُرُوا اللَّهَ كَمَا عَلَّمَكُمْ مَا لَمْ تَكُونُوا تَعْلَمُونَ ) }

Artinya: Peliharalah semua salat(mu) dan (peliharalah) salat wustha. Berdirilah untuk Allah (dalam salatmu) dengan khusyuk. Jika kalian dalam keadaan takut (bahaya), maka salatlah sambil berjalan atau berkendaraan. Kemudian apabila kalian telah aman, maka sebutlah Allah (salatlah), sebagaimana Allah telah mengajarkan kepada kalian apa yang belum kalian ketahui." (QS. Al Baqarah: 238-239)

Ibnu Katsir menerangkan dalam kitab tafsirnya berkaitan ayat tersebut bahwa Allah SWT menyebutkan secara khusus di antara semua sholat, yaitu sholat wustha, dengan sebutan yang lebih kuat kedudukannya. 

Karena itu, Rasulullah SAW menganjurkan kepada para sahabatnya untuk bersegera menunaikan sholat Ashar. Sebab, bagi mereka yang meninggalkan atau lalai menjalankan sholat Ashar karena kesibukannya maka amalnya akan dihapuskan.

Editor : Kastolani Marzuki