Hikmah

Tata Cara Sholat 5 Waktu Beserta Bacaannya, Lengkap Syarat & Rukun

Kastolani · Kamis, 01 Desember 2022 - 21:12:00 WIB
Tata Cara Sholat 5 Waktu Beserta Bacaannya, Lengkap Syarat & Rukun
Tata cara sholat 5 waktu dan bacaannya yang penting Muslim ketahui dalam beribadah. (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id - Tata cara sholat 5 waktu beserta bacaannya penting muslim ketahui agar tidak salah dalam menjalankan ibadah wajib. 

Sholat fardhu merupakan ibadah yang wajib dikerjakan tiap Muslim yang sudah balig dan berakal. Sholat wajib sudah ditentukan waktunya. Ada lima waktu sholat yang diwajibkan yakni dzuhur, ashar, magrib, isya dan subuh.
Kewajiban menjalan sholat 5 waktu disebutkan dalam Al Quran, Surat An Nisa ayat 103. Allah SWT berfirman:

اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

Artinya: Sungguh, salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (QS. An Nisa: 103).

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menerangkan bahwa dalam ayat tersebut Allah SWT memerintahkan kepada orang-orang beriman untuk menyempurnakan shalat dan dirikanlah sholat sebagaimana diperintahkan untuk melakukannya, lengkap dengan rukun-rukun, khusyuk, rukuk, sujud, dan semua urusannya.

Pengertian Sholat

Dilansir dari Buku Fikih MTs Kelas 7 Kemenag, sholat secara bahasa berarti doa. Secara istilah sholat adalah ibadah yang terdiri atas perkataan dan perbuatan tertentu, yang dimulai dengan takbir, dan diakhiri dengan salam. 

Sholat wajib juga disebut juga dengan sholat fardu atau salat maktubah yang berarti sholat yang harus dikerjakan orang Islam yang telah memenuhi syarat. 

Sholat wajib dibagi menjadi dua macam, yaitu sholat fardu `ain (seluruh umat islam wajib menjalankannya) dan sholat wajib fardhu kifayah (apabila salah seorang telah melaksanakan, maka gugurlah kewajiban bagi lainnya.

Sholat 5 waktu dalam Islam menempati kedudukan sangat penting, karena merupakan perbuatan yang pertama kali akan dihisab (dihitung) pertanggung jawabannya kelak di hari kiamat.

Hal ini disebutkan dalam hadits Nabi SAW berikut:
"Amal yang pertama kali akan dihisab bagi seorang hamba pada hari kiamat adalah sholat. Jika sholatnya baik, maka akan dinilai baik semua amalnya yang lain dan jika sholatnya rusak maka akan dinilai jeleklah semua amalnya yang lain”. (HR. At Tabrani)

Syarat Sah Sholat

1. Suci badan dari hadas besar dan kecil.
2. Suci badan, pakaian dan tempat dari najis.
3. Menutup aurat 
Aurat laki-laki adalah antara pusar sampai lutut, sedang aurat perempuan adalah seluruh anggota badan kecuali kedua telapak tangan dan wajah.

4. Telah masuk waktu sholat

Sholat tidak wajib dilaksanakan terkecuali apabila sudah masuk waktunya, dan tidak sah hukumnya sholat yang dilaksanakan sebelum masuk waktunya
5. Menghadap kiblat 

Jika berada dalam masjid haram Mekah, maka harus menghadap langsung. Dan jika jauh dari Baitullah haram maka cukup menghadapnya.

Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda