Hikmah

Teks Khutbah Jumat Bulan Dzulqa'dah: Perbanyak Amal Saleh di Bulan Haram

Kastolani · Kamis, 02 Juni 2022 - 16:57:00 WIB
Teks Khutbah Jumat Bulan Dzulqa'dah: Perbanyak Amal Saleh di Bulan Haram
Khutbah Jumat Bulan Dzulqa'dah tentang anjuran memperbanyak amal saleh di salah satu bulan haram dan keistimewaannya. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Teks Khutbah Jumat Bulan Dzulqa'dah 1443 H / 2022 tentang keutamaan memperbanyak amal saleh di salah satu Bulan Haram yang bisa dijadikan referensi bagi khatib.

Saat ini, Muslim sudah memasuki hari kedua Bulan Dzulqa'dah 1443 H yang jatuh bertepatan pada Rabu, 1 Juni 2022.

Bulan Dzulqa'dah merupakan satu dari empat bulan haram yang dimuliakan Allah SWT selain Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Ada banyak amalan ibadah di Bulan Dzulqa'dah yang pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. 

Bulan Dzluqa'dah merupakan bulan ke-11 dalam kalender Hijriah atau penanggalan Islam. Bulan Dzulqa'dah ini juga disebut dengan Al-Qadah, dapat juga disebut Al-Qidah. Dinamakan demikian karena mereka (orang-orang Arab) diam di tempatnya, tidak mengadakan peperangan, tidak pula bepergian. Dijamakkan menjadi zawatul qa’dah.

Berikut teks Khutbah Jumat Bulan Dzulqa'dah tentang keistimewaan memperbanyak amal saleh di bulan haram karena pahalanya dilipatgandakan dilansir dari nuponorogo.or.id:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ القَوِيِّ الْمَجِيْدِ. اَلْمُدَبِّرِ لِخَلْقِهِ كَمَا يَشَاءُ وَهُوَ الْفَعّالُ لِمَا يُرِيدُ. وَأَشْهَدُ أَنَّ لَا إلَهَ اِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَاشِرِيْكَ لَهُ الْوَلِيُّ الْحَمِيْدُ. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُه ذُو الرَّشَادِ وَالتَّسْدِيْدِ.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسّلِّمْ عَلَى سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الَّذِيْنَ هُمْ نِعْمَ العَبِيْدُ, وَالتَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِالْإِحْسِانِ وَالتَّسْدِيْدِ.
أَمَّا بَعْدُ: فَيَاعِبَادَ اللَّهِ, إِتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ بفِعْلِ المَأمُوْراتِ وَاجْتِنَابِ المُحَرَّمَاتِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ.

Ma’asyirol muslimin, hafidzo kumulloh…

Marilah kita senatiasa meningkatkan taqwa kepada Allah swt. dengan melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjahui larangan-larangan-Nya.

Saat ini kita telah memasuki bulan Dzulqa’dah, bulan pertama dari empat bulan haram. Bulan Dzulqa’dah adalah bulan ke-11 dalam kalender Islam.

Orang jawa juga menyebut bulan ini Dzulqo’dah, Dzulqaidah, Dzulkadah dan Dulkangidah. Bulan ini dikenal pula dengan nama bulan  Selo, Apit atau Hapit.

Menurut masyarakat Jawa, Apit berarti terjepit. Hal ini karena bulan ini terletak di antara dua hari raya besar yaitu, Idul Fitri (Syawal) dan Idul Adha (Dzulhijah). Juga disebut Selo karena bulan ini jeda dari dua hari raya besar tersebut.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda