Hikmah

Teks Khutbah Jumat Terbaru tentang Bencana: Ujian atau Azab?

Kastolani · Jumat, 10 Desember 2021 - 05:30:00 WIB
Teks Khutbah Jumat Terbaru tentang Bencana: Ujian atau Azab?
Teks khutbah Jumat terbaru tentang bencana apakah ujian atau azab. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Teks khutbah Jumat terbaru membahas bencana yang melanda sejumlah daerah di Indoneisa.

Di pengujung tahun 2021, sejumlah wilayah di Tanah Air dilanda bencana mulai erupsi Gunung Semeru di Lumajang hingga banjir bandang di Lombok Barat, NTB serta longsor di beberapa daerah lainnya.

Dalam perspektif Islam, bencana merupakan ujian dari Allah SWT bagi Muslim yang beriman. Jika tabah dan ikhlas dalam menerima musibah atau bencana maka derajatnya akan ditinggikan.

Berikut teks Khutbah Jumat terbaru tentang bencana ujian atau azab ditulis Ustaz Nur Rohmad, Pemateri/Peneliti di Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur dikutip dari dakwahnu:

اَلْحَمْدُ للهِ الْمَوْجُوْدِ أَزَلًا وَأَبَدًا بِلَا مَكَانٍ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ الْأَتَمَّانِ الْأَكْمَلَانِ، عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ وَلَدِ عَدْنَانَ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ، أَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ.

أَمَّا بَعْدُ، فَإِنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْقَدِيْرِ الْقَائِلِ فِيْ مُحْكَمِ كِتَابِهِ: إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ (الزمر: 10)

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,

Dari atas mimbar khatib berwasiat kepada kita semua, terutama kepada diri khatib pribadi, untuk senantiasa berusaha meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan cara melaksanakan semua kewajiban dan menjauhkan diri dari seluruh yang diharamkan.

Kaum Muslimin rahimakumullah,
Dalam kesempatan khutbah pada siang hari ini, khatib akan menyampaikan khutbah dengan tema: “Bencana: Ujian ataukah Azab?”.

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,

Serangkaian bencana di awal hingga akhir 2021 itu melanda sejumlah wilayah Indonesia mulai banjir bandang, longsor, hingga gunung meletus.

Beragam bencana alam itu telah merenggut banyak korban jiwa maupun luka-luka.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda