Ustadz Abdul Somad Nikahi Gadis Jombang, Begini Hukum Menikah di Bulan Ramadhan

Kastolani ยท Kamis, 29 April 2021 - 02:22:00 WIB
Ustadz Abdul Somad Nikahi Gadis Jombang, Begini Hukum Menikah di Bulan Ramadhan
Ustaz Abdul Somad membagikan momen pernikahannya di akun Instagram, Rabu (28/4/2021). (Foto: Instagram/UAS).

JAKARTA, iNews.id - Dai kondang Ustadz Abdul Somad (UAS) resmi menikahi gadis cantik asal Jombang berusia 20 tahun, Fatimah Azzahra Salim Barabut, Rabu (28/4/2021) pukul 16.30 WIB bertepatan 16 Ramadan 1442 Hijriah.

Pernikahan UAS dan Fatimah dilangsungkan di tempat mempelai wanita di Jombang, Jawa Timur. 

Jadwal pernikahan UAS sepertinya dimajukan. Sebab, sempat beredar surat keterangan pernikahan keduanya yang menyebutkan pernikahan akan diselenggarakan pada 17 Mei 2021 atau setelah Idul Fitri.

Bagaimana hukum menikah di Bulan Ramadan? Begini penjelasannya.

Direktur Rumah Fiqih Indonesia, Ustaz Ahmad Sarwat MA menjelaskan, pada dasarnya hukum menikah itu tidak pernah ada kaitannya dengan waktu. Tidak pernah ada waktu-waktu yang terlarang untuk menikah. 

"Memang ada sebagian dari masyarakat kita yang masih membawa-bawa kepercayaan nenek moyang, seperti tidak boleh menikahkan anak pada bulan Rajab, atau bulan Sya'ban atau bulan Muharram," katanya dikutip dari laman rumahfiqih, Kamis (29/4/2021).

Keyakinan seperti itu, kata dia, sebenarnya tidak punya dasar dari agama Islam yang dibawa oleh Rasulullah SAW. Tidak ada dasar ketentuannya dari Alquran dan tidak juga dari hadits. Bahkah tak ada satu pun ulama yang melarang akad nikah pada waktu atau jam tertentu.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2