3 Fakta Menarik Rina Hasyim, Ratu Film Tercantik Era 1970-an Nenek dari Penyanyi Cantika Abigail

Ahmad Haidir · Kamis, 29 Juli 2021 - 18:41:00 WIB
3 Fakta Menarik Rina Hasyim, Ratu Film Tercantik Era 1970-an Nenek dari Penyanyi Cantika Abigail
Rina Hasyim ratu film tercantik Indonesia era 1970-an ternyata juga nenek dari penyanyi Cantika Abigail. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id – Sosok Rina Hasyim di era 1970-an hingga 1980-an sangat dikenal sebagai artis populer. Pemilik nama asli Rineke Antoinette Hassim ini dikenal berkat filmnya yang berjudul Semalam di Malaysia.

Sejak film yang dirilis pada tahun 1975 tersebut meledak di pasaran, sosok artis kelahiran Makassar, 22 April 1947  pun laris manis di industri seni peran Tanah Air. Bahkan hingga saat ini dia masih mampu beradu akting dengan artis-artis muda lainnya di film dan juga sinetron.

Penasaran dengan sosok Rina Hasyim? Berikut rangkuman fakta menarik Rina Hasyim dikutip dari berbagai sumber, Kamis (29/7/2021): 

1. Anggota Elite Golden Girls 

Kepopularitasan dari sosok Rina Hasyim tentu tidak perlu dipertanyakan lagi. Dengan berbagai film dan sinetron yang dibintanginya membuat dia menjadi salah seorang sosialita paling hits di masanya. Bersama dengan Nani Widjaja, Connie Sutedja hingga mendiang Ida Kusuma, Rina Hasyim berada dalam satu grup yang berisikan artis-artis bersinar di tahun 1960 hingga era 1980-an yang diberi nama Golden Girls.

2. Kantongi Piala Citra hingga dua kali

Julukan Ratu Film Indonesia tampaknya sangat cocok untuk disematkan kepada sosok Rina Hasyim. Selain karena telah membintangi puluhan judul film dan juga sinetron, kualitas akting nya juga tidak perlu diragukan lagi. Rina Hasyim adalah sosok artis yang berhasil menyabet penghargaan prestisius bagi para insan film yaitu Piala Citra dalam ajang Festival Film Indonesia atau FFI. Tidak hanya sekali, namun dua kali!

Menariknya, nenek dari artis dan penyanyi Cantika Abigail tersebut berhasil mendapatkan Piala Citra untuk dua peran yang berbeda. Yang pertama dia dapatkan sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik di ajang FFI 1976 berkat perannya sebagai Ruminah di film Semalam di Malaysia. Selanjutnya dia kembali mendapatkan penghargaan tersebut pada perhelatan edisi 1991, dengan predikat yang berbeda yakni Pemeran Pendukung Wanita Terbaik berkat film berjudul Zig Zag yang dia bintangi.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: