5 Alasan Berdebat dengan Istri Bisa Menjadi Keputusan yang Buruk, Anda Pernah Alami Ini?

Diaz Abraham ยท Senin, 25 Mei 2020 - 18:37 WIB
5 Alasan Berdebat dengan Istri Bisa Menjadi Keputusan yang Buruk, Anda Pernah Alami Ini?

Pasangan suami-istri sedang marahan karena alasan tertentu. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Percikan api pertengkaran dalam sebuah hubungan, apalagi suami-istri pasti terjadi. Namun, kita bisa mengakhirinya dengan cepat dan baik. Sayangnya, hal itu malah memperburuk keadaan.

Berikut ini alasan berdebat dengan pasangan bisa menjadi kuputusan yang buruk, seperti iNews.id kutip dari Boldsky, Senin (25/5/2020).

1. Berpikir argumen bisa selesaikan persoalan

Jika Anda melontarkan argumen, maka ini jadi keputusan buruk. Argumen hanya akan memperburuk situasi. Anda mungkin tidak dapat menemukan penyebab sebenarnya di balik masalah tersebut. Karena itu, disarankan agar Anda mencoba untuk tetap tenang daripada berdebat dengan istri Anda.

2. Terbawa emosi

Ketika berdebat dengan seseorang, Anda cenderung mengucapkan kata-kata kasar dalam keadaan marah. Anda mungkin tidak mengerti apa yang Anda katakan dan dalam kemarahan, banyak hal akan rusak. Misalnya, Anda tahu istri adalah pekerja keras dan berusaha melakukan yang terbaik untuk melakukan apa pun yang dia lakukan. Tetapi jika Anda mulai berdebat dan menyalahkan istri karena menjadi perempuan malas yang tidak bekerja keras, meskipun mengetahui kebenarannya, maka ini dapat melukai istri Anda.

3. Mencari solusi dari sumber masalah

Jika ada masalah antara Anda dan istri, maka Anda perlu menemukan alasan sebenarnya di baliknya. Alasannya bisa apa saja dan argumen tidak pernah bisa membantu Anda dalam menyelesaikan akar penyebab masalah. Alih-alih kehilangan ketenangan, cobalah mencari tahu masalahnya dan mencari solusi yang mungkin dilakukan. Anda dapat meminta istri untuk membantu. Kami yakin Anda dan istri akan senang untuk melakukan itu.

4. Ketahui kesalahan Anda

Sebelum berdebat dengan istri Anda, disarankan untuk memeriksa apakah itu salah Anda. Pasti Anda tak ingin bila istri terus marah kepada Anda. Sehingga berdebat tanpa mengetahui kesalahan dan mencari siapa dalang di baliknya menjadi penting dilakukan.

5. Mengucapkan kata-kata kasar

Ketika berdebat tentang sesuatu dengan istri Anda dan berbicara hal kasar, ini dapat menyebabkan kesalahpahaman antara Anda dan pasangan. Istri mungkin mengingat kata-kata yang Anda ucapkan selama pertengkaran. Ini kemudian dapat membawa beberapa perasaan dan dendam kesal kepada istri.

Editor : Tuty Ocktaviany