5 Fakta Sus Salamun, Pembawa Acara Televisi Pertama Indonesia Mengudara di ASIAN Games 1962

Siska Permata Sari ยท Rabu, 06 Oktober 2021 - 20:28:00 WIB
5 Fakta Sus Salamun, Pembawa Acara Televisi Pertama Indonesia Mengudara di ASIAN Games 1962
Sus Salamun, Pembawa Acara Televisi Pertama Indonesia. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Sus Salamun merupakan pembawa acara televisi pertama Indonesia di tahun 1962. Wajahnya pertama kali mengisi di laya kaca sebagai presenter di Opening Ceremony Asian Games IV di Jakarta.

Pada 24 Agustus 1962, TVRI mengudara untuk pertama kalinya dengan acara siaran langsung upacara pembukaan Asian Games IV dari stadion utama Gelora Bung Karno. Saat itulah Sus Salamun berperan sebagai pembawa acara televisi pertama di Indonesia.

Berikut fakta-fakta menarik Sus Salamun, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/10/2021).

1. Punya nama asli Raden Ayu Siti Partuti Suskandani Saparman

Sus Salamun mempunyai nama asli Raden Ayu Siti Partuti Suskandani Saparman. Namun sebagai pembawa acara televisi sekaligus penyiar, dia menggunakan nama Sus Salamun dan tenar dengan nama tersebut.

2. Sempat jadi penyiar radio

Sebelum menjadi seorang pembawa acara televisi pertama Indonesia, Sus Salamun merupakan penyiar. Dia merupakan penyiar di Radio Republik Indonesia (RRI) Solo. 

3. Mencuri perhatian Presiden Soekarno

Ketika Presiden Soekarno melawat ke Solo ditemani oleh sang istri, Fatmawati, dia bertemu dengan Sus Salamun yang saat itu merupakan sosok penyiar RRI Solo yang cantik dan memiliki suara bagus. Saat itu, Presiden Soekarno mengatakan jika suatu hari nanti Sus Salamun akan menjadi orang Jakarta.

Ucapan Soekarno itu lalu menjadi kenyataan saat Sus Salamun menjadi  pembawa acara televisi pertama Indonesia dan mengudara di acara upacara pembukaan Asian Games IV di Jakarta.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda