Kisah Sus Salamun Pembawa Acara Televisi Pertama di Indonesia, Berparas Cantik Pilihan Presiden Soekarno

Siska Permata Sari · Rabu, 06 Oktober 2021 - 14:31:00 WIB
Kisah Sus Salamun Pembawa Acara Televisi Pertama di Indonesia, Berparas Cantik Pilihan Presiden Soekarno
Sus Salamun pembawa acara televisi pertama di Indonesia. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Siapa yang tahu pembawa acara televisi pertama di Indonesia? Dia adalah Sus Salamun, seorang perempuan berparas cantik,  mempunyai suara yang bagus, dan sebelumnya berkarier sebagai penyiar di Radio Republik Indonesia (RRI) Solo.  

Sus Salamun merupakan pembawa acara televisi pertama di Indonesia pada 1962 di Televisi Republik Indonesia (TVRI).

Saat itu, TVRI yang baru mengudara menayangkan acara besar Asian Games IV yang dihelat di Jakarta. 

Ada kisah unik di balik terpilihnya Sus Salamun sebagai pembawa acara televisi pertama di Indonesia untuk acara Asian Games IV. Kisah tersebut diceritakan oleh pembawa acara senior Helmy Yahya di acara Panasonic Gobel Awards 2018. 

“Ceritanya begini, pada 23 Oktober 1961 Bung Karno yang pada saat itu ada di Wina, memerintahkan, mengirimkan pesan kepada Menteri Penerangan bapak R Maladi untuk segera mendirikan stasiun televisi sebagai bagian rangkaian atau sarana persiapan Asian Games yang berlangsung di Jakarta,” kisah Helmy Yahya, seperti dikutip dari kanal YouTube RCTI Entertainment, Rabu (6/10/2021). 

Tak hanya itu, Presiden Sokarno juga meminta kepada pengusaha radio, Thayeb Mohammad Gobel agar segera memproduksi 10.000 pesawat televisi untuk didistribusikan ke masyarakat Indonesia. Hal ini agar masyarakat ikut bisa menyaksikan pesta Asian Games IV yang dihelat di Jakarta. 

Dalam persiapan Asian Games, Presiden Soekarno juga melawat ke Solo bersama sang istri, Fatmawati. Di situ lah, dia bertemu dengan Sus Salamun yang saat itu masih menjadi penyiar di RRI Solo. 

“Bung Karno dalam lawatan ke Solo ditemani oleh Bu Fatmawati, bertemu dengan seorang penyiar RRI Solo. Dia cantik, suaranya bagus, dan Bung Karno hanya bilang begini, ‘kelak, kamu akan menjadi wong Jakarta’,” ujarnya. 

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda