7 Makanan Ini Bisa Turunkan Darah Tinggi, Selain Bawang Putih Ada Pisang

Bertold Ananda · Selasa, 24 Agustus 2021 - 06:20:00 WIB
7 Makanan Ini Bisa Turunkan Darah Tinggi, Selain Bawang Putih Ada Pisang
Beberapa sumber makanan untuk menurunkan hipertensi. (Foto: liferenu)

JAKARTA, iNews.id - Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit berbahaya. Pasalnya jenis penyakit ini sering kali tidak menunjukan gejala dan jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat bisa mengakibatkan komplikasi, seperti menyerang jantung, menyebabkan stroke, bahkan mengakibatkan kematian. 

Gaya hidup yang tidak sehat menjadi faktor umum terkait penyakit hipertensi. Oleh karena itu segera ubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan rutin berolahraga dan mengurangi garam, makanan olahan dan mulai mengkonsumsi  bernutrisi dan bervitamin. Seperti makan banyak buah, sayuran, susu rendah lemak, dan makanan kaya serat lainnya.

“Diet DASH menyehatkan jantung dan kaya akan makanan yang memiliki kandungan kalsium, magnesium, potasium, protein, dan serat yang tinggi,” Kata ahli jantung di New York-Presbyterian/Columbia University Irving Medical, Marwah Abdalla, MD, MPH dikutip dari menshealth. 

Nutrisi tersebut diketahui sangat penting untuk menurunkan tekanan darah secara alami. Berikut yang iNews.id rangkum terkait 7 makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, dari berbagai sumber.

1. Ubi merah

Ubi merah diketahui memiliki zat yang kaya akan oksida nitrat dan mampu mengurangi tekanan darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum jus ubi merah tanpa gula bisa membantu menurunkan tekanan darah sistolik Anda sebesar empat hingga 5 mmHg.

2. Bawang putih

Bahan makanan yang ada di dapur, seperti bawang putih nyatanya memberikan kandungan yang sangat baik. Penelitian National Institute of Health (NIH) mengungkapkan, bawang puth mengandung senyawa allicin yang berfungsi untuk membantu menurunkan tekanan darah. 

Kandungan allicin dilepaskan saat bawang putih dihancurkan atau dicincang. Tetapi ingat, dokter tidak menyarankan penggunaan suplemen bawang putih karena penelitian tentang efektivitasnya untuk hipertensi masih terbatas.

3. Salmon

Ikan berlemak seperti salmon dan mackerel ini adalah makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 tinggi dan dipercaya mampu mengurangi peradangan, serta menetralkan tekanan darah. Bukan hanya itu saja, ikan laut tersebut merupakan sumber vitamin D yang bagus, bisa membantu tubuh menyerap kalsium, melindungi dari depresi, dan mengatur tekanan darah.

4. Oatmeal

Oatmeal merupakan Biji-bijian berserat tinggi. Kandungan dari oatmeal ikut membantu penurunan risiko penyakit kardiovaskular, darah tinggi dan resiko penyakit jantung . Makanan ini biasa di konsumsi saat sarapan dan merupakan cara bagus untuk memulai hari Anda dengan biji-bijian.

5. Alpukat

Buah Alpukat dipercaya memiliki kandungan yang banyak dan baik untuk tubuh. Pasalnya buah ini merupakan sumber kalsium, magnesium, dan potasium. Satu buah alpukat mengandung sekitar 975 miligram potasium, yaitu sekitar 25 persen dari asupan harian Anda.

6. Dark chocolate

Pecinta cokelat hitam murni tentunya akan senang. Sebab menurut sebuah studi Mei tahun 2017 di Heart, cokelat hitam yang kaya flavonol dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Studi ini menemukan bahwa flavonol dalam cokelat hitam dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah yang sehat.

7.  Pisang

Buah Pisang kaya kandungan potasium yang tinggi. Kandungan satu pisang berukuran rata-rata mengemas sekitar 420 miligram potasium dan serat yang baik untuk tubuh. Pisang sangat cocok dan enak bila dijadikan smoothie dalam untuk diet menurunkan berat badan.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda