Prime Show With Ira Koesno

Aktif di Media Sosial, Ridwan Kamil Lebih Nyaman di Instagram

Siska Permata Sari ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 21:26 WIB
Aktif di Media Sosial, Ridwan Kamil Lebih Nyaman di Instagram

Acara Prime Show With Ira Koesno dengan dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: iNews.id/Siska Permata Sari)

JAKARTA, iNews.id - Kehadiran pejabat publik di media social, bukan lagi hal yang langka. Media sosial, kini menjadi wadah berbagi informasi antara pejabat publik dengan masyarakaf yang sering disebut sebagai netizen.

Salah satu pejabat yang dikenal aktif menggunakan media sosial adalah Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil. Dari tiga platform media sosial yang ada yakni Facebook, Twitter dan Instagram, Ridwan Kamil mengaku nyaman berselancar di Instagram.

“Kalau Twitter, menurut saya seperti opinion maker lah, banyak yang terlalu serius di situ. Nah, kalau Instagram itu lebih milenial, jadi enggak seserius di Twitter. Jadi, saya nyaman di Instagram, dan sesekali di Twitter untuk melaporkan hal-hal yang serius,” kata pria yang akrab dipanggil Kang Emil di acara Prime Show With Ira Koesno iNews, iNews Center, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Sementara di Instagram, sambung dia, lebih sering mengunggah atau memposting hal-hal yang menyenangkan. Salah satunya adalah momen ketika dirinya menjadi wali nikah penyanyi Tanah Air, Isyana Sarasvati.

Tetapi tidak jarang, Instagram juga menjadi media bagi Ridwan Kamil untuk memberikan informasi kepada masyarakat, terutama di Jawa Barat. Seperti belum lama ini dia memposting tentang coronavirus disease (COVID-19).

“Per hari ini, alhamdulillah di Jawa Barat, belum ada yang positif terpapar virus corona. Empat pasien yang diawasi, semuanya negatif terpapar virus. WHO secara resmi memberi nama virus corona ini sebagai COVID-19. Pemerintah Jawa Barat sudah menyiapkan sembilan langkah preventif dan kewaspadaan terkait masalah ini, yang dibahas dalam rapat forkominda Jawa Barat. Sambil antisipatif berikhtiar, kita doakan semoga Allah SWT menjauhkan negeri kita dari bencana dan marabahaya. Juga biasakan PHB (Pola Hidup Bersih) semaksimal mungkin,” kata politikus sekaligus arsitek tersebut, seperti dikutip dari unggahan di Instagram resminya.

Sebagai salah satu pejabat publik yang aktif di media sosial, Ridwan Kamil juga memberikan pesan untuk bijak menggunakan media sosial.

“Bicaralah yang baik dan postinglah sesuatu yang positif,” kata dia.

Editor : Tuty Ocktaviany