Akun YouTube Calon Sarjana Plagiat Konten, Ernest Prakasa: Bikin Malu Negara

Fajar Adityo Nugroho ยท Jumat, 08 November 2019 - 11:33 WIB
Akun YouTube Calon Sarjana Plagiat Konten, Ernest Prakasa: Bikin Malu Negara

Ernest Prakasa geram dengan plagiat yang dilakukan oleh akun YouTube Calon Sarjana. (Foto: Instagram).

JAKARTA, iNews.id - Media sosial tengah ramai membicarakan akun YouTube dari Indonesia, Calon Sarjana. Akun yang memiliki 12 juta lebih subscriber ini dituduh telah mencuri konten orang lain.

Hal ini membuat netizen geram dengan ulah akun Calon Sarjana. Termasuk komedian dan sutradara Ernest Prakasa yang ikut mengomentari apa yang dilakukan oleh channel tersebut.

"Seriusan yutub Calon Sarjana itu kerjaannya Infia juga? Itu perusahaan ga bisa dipenjara ya bosnya? Kok enak banget. Dulu Dagelan udah nyomot2 konten orang seenaknya, sekarang malah bikin malu 1 negara," tulis Ernest seperti dikutip dari akun Twitternya, Jumat (8/11/2019).

Sebagai kontent kreator, Ernest merasakan apa yang dialami oleh JT pemilik konten yang dicuri oleh Calon Sarjana. Baginya pencurian ide merupakan hal yang sangat memalukan.

"Sori banget nih. Tapi sebagai sesama seniman/kreator, gw gampang banget kepancing emosi kalo ada kasus pencurian ide. Apalagi oleh korporasi, dan dilakukan berulang-ulang untuk mengeruk keuntungan," tulisnya.

Sementara itu JT pemilik konten asli mengunggah tangkapan layar mengenai permintaan maaf Calon Sarjana. Dalam pesan tersebut, Calon Sarjana akan menghapus semua video yang ada dalam channel-nya.

Melalui akun twitternya, @JTonYouTube mengatakan bahwa channel Calon Sarjana meminta maaf karena kabar plagiat atau pencurian konten telah disebarnya.

"The ONLY reason they sent me this is because they realised i’m a threat to their channel. They privated it, meaning it’s still there," tulisnya seperti dikutip dari akun Twitternya.


Editor : Adhityo Fajar