BJ Habibie Jadi Idola dan Sosok Motivator bagi Posan Tobing

Janet Carrington ยท Rabu, 11 September 2019 - 19:57 WIB
BJ Habibie Jadi Idola dan Sosok Motivator bagi Posan Tobing

BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9/2019), pukul 18.05 WIB. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id –  Sosok Bacharudin Jusuf Habibie (BJ Habibie) wafat hari ini, Rabu (11/9/2019), pukul 18.05 WIB. Kepergiaan presiden ketiga RI untuk selama-lamanya tersebut mengundang duka yang mendalam bagi masyarakat Indonesia, termasuk Posan Tobing.

Drummer grup band The Winner tersebut, rupanya mengidolakan sosok BJ Habibie. Meski belum pernah bertemu langsung, Posan merasakan kedekatan secara emosional.

“Saya belum pernah berurusan langsung dengan beliau, tapi saya mengidolakan beliau. Beliau adalah sosok motivator bagi saya,” kata Posan kepada iNews.id, Rabu (11/9/2019).

Sebagai mantan Presiden RI, BJ Habibie memang dikenal sebagai sosok yang menginspirasi. Mulai dari kesetiannya pada pasangan, hingga temuan-temuan luar biasa pada masa pemerintahannya. BJ Habibie juga kerap memberikan kata-kata motivasi melalui naskah pidato yang dia sampaikan.

“Beliau adalah mantan presiden yang saya kagumi. Salah satu saksi hidup perjalanan Indonesia. Tuhan punya rencana terbaik untuk beliau,” kata Posan.

Seperti diketahui, Habibie berpulang dalam perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Mantan menteri riset dan teknologi ini meninggal dalam usia 83 tahun karena sakit.

Habibie menjalani perawatan intensif oleh tim dokter kepresidenan di RSPAD sejak 2 September 2019. Kondisi pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 ini sempat membaik pada Selasa (10/9/2019).

Perkembangan itu disampaikan oleh putranya, Thareq Kemal Habibie, dalam konferensi pers di RSPAD, Selasa (10/11/2019). Keterangan ini sekaligus mengklarifikasi hoaks yang menyebut Habibie tutup usia pada Selasa pagi.

Namun pada Rabu sore, kondisinya kembali kritis. Keluarga besar ahli penerbangan lulusan Jerman ini berkumpul di RSPAD, mulai anak hingga cucu. Gubernur Gorontalo, yang juga keponakan BJ Habibie, Rusli Habibie mengatakan, dua anak Habibie, Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie juga sudah berada di ruang Critical Intensive Care Unit (CICU).

Selama perawatan itu, sejumlah tokoh telah mengunjungi pria yang membidani lahirnya Industri Pesawat Terbang Nurtanio atau IPTN (kini Dirgantara Indonesia) tersebut. Para tokoh tersebut antara lain Presiden Joko Widodo. Selain itu, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.


Editor : Tuty Ocktaviany