Calon Wakil Menteri, Ini Fakta Menarik tentang Angela Herliani Tanoesoedibjo

Siska Permata Sari ยท Jumat, 25 Oktober 2019 - 11:21 WIB
Calon Wakil Menteri, Ini Fakta Menarik tentang Angela Herliani Tanoesoedibjo

Angela Tanoesoedibjo dipercaya menjadi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (Foto: Koran Sindo/Eko Purwanto)

JAKARTA, iNews.id - Putri Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, Angela Herliani Tanoesoedibjo, tiba di Istana Negara, Jakarta, pagi ini. Kedatangan Angela sebagai calon Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Saat mendatangi Istana Negara, Angela tampak mengenakan pakaian khas calon anggota kabinet, yaitu kemeja putih dipadukan dengan celana hitam. Saat ini Angela Tanoesoedibjo menjabat sebagai Managing Director PT Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) dan Managing Director PT Global Informasi Bermutu (GTV), serta jabatan penting lainnya di MNC Group.

Berikut deretan fakta seputar Angela Tanoesoedibjo, seperti dirangkum iNews.id, Jumat (25/10/2019).

Anak Sulung

Angela Herliani Tanoesoedibjo atau Angela Tanoesoedibjo merupakan anak dari pasangan Hary Tanoesoedibjo dan Liliana Tanoesoedibjo. Angela adalah anak sulung dari lima bersaudara. Dia lahir di Ottawa, Kanada pada 23 April 1987.

Sementara itu, empat saudara lainnya di antaranya Valencia Herliani Tanoesoedibjo, Jessica Herliani Tanoesoedibjo, Clarissa Herliani Tanoesoedibjo, dan Warren Haryputra Tanoesoedibjo.

Menyelesaikan Pendidikan di Luar Negeri

Angela menempuh sekaligus menyelesaikan pendidikan di beberapa universitas ternama di luar negeri. Di antaranya Bachelor of Arts in Communication di The University of Technology Sydney tahun 2008 dan Master of Commerce (Finance) di The University of New South Wales, Australian School of business tahun 2010.

Berpengalaman di Berbagai Perusahaan

Setelah lulus dari universitas, Angela melanjutkan berkarier di Indonesia dan berpengalaman di berbagai perusahaan. Dia berkarier dari bawah sebagai staf keuangan, kemudian kariernya terus menanjak.

Saat ini, Angela menjabat sebagai Managing Director PT Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI). Dia mengemban tugas ini sejak 2018 hingga saat ini.

Selain itu, dia juga menjabat sebagai Direktur PT Media Nusantara Citra (MNC) sejak 2016 hingga saat ini. Tak hanya itu, dia memegang posisi sebagai Managing Director PT Global Informasi Bermutu (GTV) sejak 2014 hingga sekarang.

Angela juga memegang peran posisi Direktur di PT Megah Group sejak Januari 2013 hingga sekarang. Dia terlibat sejak awal mengawasi manajemen sehari-hari perusahaan fashion ritel, dengan dua tokoh sebagai portofolionya.

Sebelumnya, putri sulung Hary Tanoesoedibjo ini juga pernah menjabat sebagai Direktur PT MNI Entertainment mulai April 2008-Juli 2017. Dia juga pernah bertugas sebagai Co-Head Vice President MNC Channel sejak September 2019-April 2014.

Seorang Istri dan Ibu Dua Anak

Sebagai seorang pebisnis dan wanita karier, Angela Tanoesoedibjo juga merupakan seorang istri dan ibu. Dia menikah dengan Michael Dharmajaya pada 2012. Keduanya juga dikaruniai dua orang anak, yakni Theodore Maximilian Dharmajaya dan dan Madeline Dharmajaya.

Calon Menteri

Dalam Pemilihan Umum Legislatif 2019, Angela maju sebagai caleg dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dengan Dapil Jatim I Surabaya-Sidoarjo. Hari ini dia mendatangi Istana Negara dan siap mengisi jabatan sebagai Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju. Angela satu-satunya perempuan calon menteri dan termuda yang dipanggil Presiden Joko Widodo pagi ini.


Editor : Tuty Ocktaviany