Cantika Abigail Ungkap Rahasia Menerapkan Self Love, Ini Kata Psikolog

Dyah Ayu Pamela ยท Kamis, 27 Januari 2022 - 16:44:00 WIB
Cantika Abigail Ungkap Rahasia Menerapkan Self Love, Ini Kata Psikolog
Cantika Abigail, ungkap bagaimana menerapkan self love. (Foto: IG)

JAKARTA, iNews.id - Mengelola rasa cinta dan apresiasi untuk diri sendiri melalui berbagai cara amatlah penting. Istilah yang kini dikenal sebagai self love tersebut juga akan memengaruhi kesehatan mental seseorang. 

Inez Kristanti, seorang Clinical Psychologist mengatakan, perubahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari selama pandemi telah menjadi tantangan tersendiri yang membawa banyak ketidakpastian. Tak hanya menghadapi situasi pandemi yang tidak menentu, setiap harinya kita juga harus tetap menjalani berbagai tuntutan peran dan tanggung jawab yang berbeda.

Seperti bekerja, belajar, maupun mengurus rumah yang terkadang membuat seseorang menjadi lupa untuk merawat diri dan memberikan penghargaan terhadap diri sendiri atas kerja keras dan pencapaian yang telah diraih. 

"Kita sebaiknya melihat self-lovesebagai sebuah perjalanan, bukan tujuan. Karena sepanjang perjalanan hidup, kita mungkin akan mempelajari cara-cara baru untuk menerima hal-hal dalam diri kita yang tidak bisa kita ubah, sambil terus berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.” ujar Inez.

Dalam hal selflove, artis Cantika Abigail, mengungkapkan pengalaman pribadinya dalam menerapkan self love. Menurutnya self love sangat penting dimiliki agar setiap orang bisa lebih menerima dan menghargai dirinya sendiri. 

Beberapa hal yang Cantika lakukan untuk self love tersebut ternyata juga bisa membuatnya lebih mengenal dan mencintai diri. Namun self love dan self reward yang dilakukan menurutnya harus tetap sesuai budget dan kemampuan.

“Dengan melakukan berbagai kegiatan yang disukai, seperti olahraga, nonton film, ataupun memberikan self reward sebagai bentuk terima kasih kepada diri sendiri,“ kata Cantika saat acara Bincang Shopee Self Love: Awali dari Diri Sendiri baru-baru ini.

Mengenai self love, lebih jauh Inez Kristanti memberikan 4 tips yang dapat meningkatkan rasa cinta terhadap diri sendiri. Antara lainyang pertama mendengarkan dan menanggapi kebutuhan diri sendiri. Anda bisa mulai dari mengidentifikasi kelebihan dan kekuranganmu, mimpi dan harapanmu, kegiatan favoritmu, dan yang paling penting apa yang membuatmu merasa senang.


Kedua, berani berkata tidak untuk hal-hal yang tidak bisa disanggupi

Setiap orang punya hak untuk berkata “tidak”, baik kepada diri sendiri ataupun orang di sekitarnya. Sayangnya, kebanyakan orang sering merasa kesulitan untuk berkata “tidak” karena enggan menyakiti hati orang lain. 

Namun perlu diingat bahwa kita juga memiliki batas, tanggung jawab, dan kepentingan yang perlu dituntaskan. Jadi, jangan lagi takut untuk menolak permintaan dari seseorang dan belajar lah bersikap tegas demi kebaikan dirimu sendiri. Bantulah orang lain saat kamu merasa mampu, baik itu berupa jasa maupun finansial.

Ketiga, untuk menerapkan self love, siapkan waktu me time. Tak harus banyak, yang penting berkualitas. Keempat bentuk self love lainnya yaitu menerima hal-hal yang tidak bisa diubah, tetapi juga berani mengambil langkah untuk hal-hal yang masih bisa diusahakan.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Bagikan Artikel: