Donita Cerita Pengalaman Sakit Mirip Gejala Covid-19: Mau Mati Rasanya

Siska Permata Sari ยท Kamis, 17 September 2020 - 12:41 WIB
Donita Cerita Pengalaman Sakit Mirip Gejala Covid-19: Mau Mati Rasanya

Donita cerita pengalaman sakit mirip gejala Covid-19. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Aktris sekaligus penyanyi Donita menceritakan pengalamannya pernah menderita sakit parah pada Januari silam. Melalui media sosial Instagramnya, Donita menjabarkan gejala sakit misteriusnya yang menyerupai Covid-19, mulai dari demam tinggi, mata merah, hingga susah bernapas.

Di postingan tersebut, istri presenter Adi Nugroho ini membagikan beberapa foto ketika dia menderita sakit di awal 2020 silam.

“Ini adalah foto yang di ambil pertengahan Januari lalu, waktu aku lagi sakit. Demam tinggi sampe 40, otot dan sendi sakit, pusing, ilang konsentrasi, sakit tenggorokan, ga pernah sesakit ini, rasanya kaya di tenggorokan dibakar, tapi disayat-sayat juga,” tulis Donita seperti dikutip dari Instagramnya, Kamis (17/9/2020).

Tak hanya itu, beberapa gejala lain yang menyerupai Covid-19 juga dirasakan Donita. Beberapa di antaranya batuk, pilek, dada berdebar, susah napas, mata merah, mual, dan muntah.

“Ini adalah sakit pertama dan satu-satunya yang bikin aku kaya putus asa dan mau mati rasanya, padahal aku sempet operasi, sakit ini dan itu, tapi ga pernah sesakit ini,” tulisnya.

Mengalami gejala sakit yang luar biasa, Donita akhirnya memutuskan ke IGD (instalasi gawat darurat) rumah sakit. Dokter yang merawatnya saat itu mengatakan bahwa sakit yang dideritanya adalah penyakit musiman.

Tak berhenti sampai situ, ternyata saat dia sakit, gejala yang sama juga dirasakan orang-orang di lingkungan sekitarnya. Mulai dari babysitter, asisten rumah tangga, bahkan hingga anak-anaknya.

Setelah dua minggu berlalu, akhirnya dia dan anak-anaknya berangsur sembuh. Sementara suaminya, Adi Nugroho tak merasakan gejala apa pun saat itu.

“Dan sampe kita semua sembuh, kita ga tau sakit apa. Yang kita tau cuma infeksi virus dan bakteri. Jadi mikir kira-kira dulu kita itu sakit apa yah?” tulis Donita.

Postingan Donita tersebut mendapatkan beragam tanggapan dari netizen. Beberapa di antaranya menduga saat itu sang aktris mengidap Covid-19.

“Bisa jadi Covid sudah menyebar ke Indonesia sejak bulan Januari ya, tapi pihak medis dan pemerintah belum aware,” tulis salah satu netizen.

“Iya bisa jadi yah, duh apapun itu yang penting alhamdulillah disehatkan. Sehat selalu yah kita,” tulis Donita.

Komentar lainnya bahkan membagikan pengalaman serupa dengan Donita. Salah satunya aktris Zaskia Adya Mecca.

“Samaa!! Aku dan semua anak berlima masuk RS dengan gejala juga kasus sama kaya kamu akhir Januari kemarin.. sampai keluar RS kesimpulan dokter hanya ‘fever unknown’... baru juga itu sakit sampe aku nangis mulu,” tulis istri Hanung Bramantyo itu.

Sama halnya dengan Donita, Zaskia juga ikut bertanya-tanya tentang sakitnya itu setelah muncul isu infeksi Covid-19 yang ramai pada Februari silam.

“Pas Covid muncul akhir Feb, aku dan mba cuma saling liat-liatan, menduga-duga sakit apa yang kita alami di Januari akhir kemarin,” tulisnya.

Editor : Tuty Ocktaviany