Hukum Tajwid Surat Al Hajj Ayat 7 Lengkap dengan Penjelasan dan Cara Bacanya

Rilo Pambudi · Selasa, 27 September 2022 - 19:53:00 WIB
Hukum Tajwid Surat Al Hajj Ayat 7 Lengkap dengan Penjelasan dan Cara Bacanya
Hukum tajwid surat al hajj ayat 7 (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Hukum Tajwid Surat Al Hajj Ayat 7 lengkap dengan penjelasan dan cara bacanya dapat menjadi pelajaran penting dan bermanfaat. Terdapat sejumlah kaidah bacaan yang perlu dipahami dalam ayat tersebut.


Mengetahui hukum bacaan sesuai tajwid sangat penting agar ayat yang dibaca tidak salah pemaknaannya. Terlebih, banyak makna yang disampaikan dalam Surat Al Hajj Ayat 7.


Surat Surat Al Hajj adalah surat ke-22 dalam Al Quran dan terdiri dari 78 ayat. Dinamakan Al Hajj karena sebagian besar kandungan surah ini berhubungan dengan ibadah haji yang meliputi ihram, tawaf, sa'i, wukuf, serta syariat lain dan hikmah-hikmahnya.


Surat Al Hajj Ayat 7 berisi tentang kepastian akan datangnya hari kiamat. Ditegaskan dalam ayat ini bahkan seluruh manusia akan dibangkitkan dari kuburnya ketika hari akhir kelak.


Berikut adalah bunyi dan arti Surat Al Hajj Ayat 7:


وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيۡبَ فِيۡهَا ۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَـبۡعَثُ مَنۡ فِى الۡقُبُوۡرِ‏


Latin: Wa annas Saa'ata aatiya tul laa raiba fiiha wa annal laaha yab'asuman fil qubuur


Artinya: Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur.


Untuk memahami lebih jelas mengenai hukum tajwid Surat Al Hajj Ayat 7, berikut ini uraian detail lengkap dengan cara bacanya yang dilansir iNews.id, Selasa (27/9/2022).


Hukum Tajwid Surat Al Hajj Ayat 7:


1. وَّاَنَّ = Ghunnah. Sebab ada nun bertanda tasydid. Cara bacanya adalah dengan dengung serta ditahan 3 harakat.


2. السَّا = Ada dua hukum, yakni Alif lam Syamsiyah karena ada huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah sin. Dibaca idgham (masuk ke huruf sin). 


Kedua, Mad Thabi’i karena huruf sin berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Dibaca panjang satu alif atau 2 harakat.


3. عَةَ اٰتِيَةٌ = Mad badal. Karena ada huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya adalah panjang satu alif atau 2 harakat.


4. تِيَةٌ لَّا = Idgham Bilaghunnah. Karena ada huruf ta berharakat dhammah tanwin bertemu huruf lam bertanda tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung dan bunyi tanwin hilang.


5. تِيَةٌ لَّا = Mad Thabi’i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya adalah panjang satu alif atau 2 harakat.


6. رَيۡبَ = Mad lin karena huruf ya sukun bertemu oleh huruf ba berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.


7. فِيۡهَا = Ada 2 Mad Thabi’i karena huruf fa berharakat kasrah bertemu ya sukun dan ha berharakat fathah bertemu alif. Cara membacanya adalah panjang satu alif atau 2 harakat.


8. وَاَنَّ = Ghunnah. Karena ada nun bertanda tasydid dan cara membacanya adalah dengung serta ditahan 3 harakat.


9. اللّٰهَ = Tafkhim karena lafadz Allah didahului oleh huruf hijaiyah nun berharakat fathah. Dibaca  tebal.


10. يَـبۡعَثُ = Qalqalah sugra karena huruf qalqalah ba berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.


11. مَنۡ فِى = Ikhfa. Karena ada huruf nun sukun bertemu huruf fa. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, sikap lidah dan bibir dipersiapkan menempati huruf fa.


12. الۡقُبُوۡرِ‏ = Alif Lam Qamariyah. Karena ada huruf alif lam bertemu huruf qaf. Dibaca secara jelas.


13. الۡقُبُوۡرِ‏ = Mad Arid Lissukun karena ada huruf Mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.


Demikian hukum tajwid Surat Al Hajj Ayat 7 lengkap beserta cara bacanya. Semoga bermanfaat dan bisa dipahami dengan baik setiap hukum bacaan pada ayat tersebut. Wallahu a'lam bishawab.

Editor : Komaruddin Bagja

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda