Kisah Achintya Nilsen Kunjungi Para Pengungsi Korban Gempa Lombok

Siska Permata Sari ยท Selasa, 14 Agustus 2018 - 22:37 WIB
Kisah Achintya Nilsen Kunjungi Para Pengungsi Korban Gempa Lombok

Achintya Nilsen mengunjungi para pengungsi di Lombok. (Foto: iNews.id/SMN)

JAKARTA, iNews.id - Lombok, Nusa Tenggara Barat, belum lama ini  diguncang gempa dahsyat berkekuatan 7 Skala Richter (SR) dan ratusan gempa susulan yang menelan ratusan korban jiwa, serta ribuan warga Lombok harus mengungsi. Kabar duka inilah yang menggerakkan hati berbagai pihak untuk menyumbangkan sesuatu demi meringankan beban bagi korban bencana gempa Lombok

Termasuk Miss Indonesia 2017 Achintya Nilsen yang memutuskan untuk berkunjung ke Dusun Batu Jompang, Desa Sesait, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara untuk memberikan bantuan dan donasi.

Melalui 'Give Them A Future', sebuah proyek yang digagas oleh dirinya dan keluarga sebelum dirinya dinobatkan menjadi Miss Indonesia 2017, Achintya Holte Nilsen mengajak warga di seluruh dunia untuk ikut membantu korban gempa Lombok.

"Sedih sekali dengar kabar Lombok yang diguncang gempa hingga hampir semuanya rata dengan tanah. Tinggal sedikit bangunan yang masih berdiri di sana. Karena aku dan keluargaku, kita punya proyek 'Give Them A Future', jadi aku mengajak siapa pun ikut membantu lewat donasi," tutur gadis yang akrab disapa Tya ini melalui siaran pers yang diterima iNews.id, Selasa (14/8/2018).

Melihat banyaknya warga Indonesia dan dunia yang turut berpartisipasi dalam donasi ini, Tya mengaku bersyukur. "Bersyukurnya, banyak warga Indonesia yang ikut memberikan donasi, tapi banyak juga dari Norwegia, dan negara lain yang ikut memberikan donasi lewat 'Give Them A Future' ini," katanya.

Seluruh donasi yang didapat itu, kemudian digunakan untuk membeli sembako guna memenuhi kebutuhan korban gempa Lombok yang saat ini masih mengungsi.

Tak cuma itu, Tya juga sempat bermalam di daerah pengungsian pada 13 dan 14 Agustus lalu. Melihat kondisi korban gempa, Tya pun tak kuasa  mengungkapkan kesedihannya.

"Sempat ngobrol sama para pengungsi di sana. Sedih dengar cerita mereka, banyak anak-anak yang akhirnya belum bisa melanjutkan sekolah," katanya.

Dia berharap, musibah bencana ini bisa segera tertangani dan kondisi kembali normal. "Aku berharap segalanya bisa cepat teratasi, para korban yang jatuh sakit juga cepat pulih, terlebih mereka yang mengalami traumatik mendalam. Semoga bantuan dari aku dan 'Give Them A Future' bisa membantu mereka selama masih di pengungsian," katanya.


Editor : Tuty Ocktaviany