Kisah Asmara Marlia Hardi Artis Top Era 1970-an, Menikah 2 Kali Berpisah karena Dilarang Main Film

Siska Permata Sari · Minggu, 12 September 2021 - 16:43:00 WIB
Kisah Asmara Marlia Hardi Artis Top Era 1970-an, Menikah 2 Kali Berpisah karena Dilarang Main Film
Kisah asmara Marlia Hardi artis top era 1970-an. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id – Masih ingat dengan sosok Marlia Hardi, artis yang mahir berperan sebagai ibu dan perempuan tua di era 1970-an. Karakter ibu bijak bahkan sangat melekat dalam diri Marlia hingga akhirnya dia wafat pada 1984. 

Marlia adalah artis kelahiran Magelang, Jawa Tengah, 10 Maret 1927. Jauh sebelum dia terkenal dalam peran sebagai Bu Mar, Marlia memulai kariernya sebagai seorang pemain sandiwara, yang mementaskan Pelangi Hijrah bersama Pak Kasur.

Marlia pernah mengenyam pendidikan di HIS di Magelang. Lalu, masuk sekolah rumah tangga, juga di Magelang. Akhirnya pada 1945, dia dijodohkan orangtuanya dengan seorang bernama Hardjo Samidi atau disingkat Hardi. 

Suami pertama Marlia kala itu merupakan seorang pegawai di jawatan sensor film. Dilansir dari berbagai sumber, dan YouTube MesinWaktu, Minggu (12/9/2021), kehidupan Marlia dan suaminya di masa revolusi kemerdekaan (1945-1949) sangat menderita. Suatu ketika, suaminya ditangkap dan ditawan tentara Belanda. Alhasil Marlia harus menghidupi diri dengan berjualan garam dan barang keperluan sehari-hari lainnya.

Setelah suaminya dibebaskan pada Desember 1949, mereka hijrah dari Magelang ke Jakarta. Dari situlah awal mula Marlia mulai terjun ke film sebagai figuran. Film pertamanya berjudul +Untuk Sang Merah Putih (1950). Di film itu, dia masih bermain sebagai seorang gadis.

Sayang, karier cemerlang di dunia film tak berimbang dengan kehidupan rumah tangga. Marlia terpaksa bercerai dengan Hardi pada 1956. Meski begitu, dia tetap menyematkan nama Hardi di belakang namanya. Maklum, nama itu sudah kadung tenar sebagai nama panggung.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: