Mengenang Devi Dja, Artis Indonesia Pertama yang Menembus Hollywood

Melati Pratiwi · Senin, 20 September 2021 - 11:02:00 WIB
Mengenang Devi Dja, Artis Indonesia Pertama yang Menembus Hollywood
Devi Dja dikenal sebagai penari sekaligus artis Indonesia pertama yang tembus Hollywood. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Devi Dja dikenal sebagai artis sekaligus seniman yang sangat terkenal di era 1940-an. Dia lahir dengan nama Misri dan kemudian berganti menjadi Soetidjah. Dalam dunia seni, perempuan kelahiranYogyakarta, 1 Agustus 1914 ini merupakan seorang penari serta bintang film di era tahun 1940an.

Mengawali karier sebagai pengamen keliling bersama kakek dan neneknya, Devi Dja mulai mengembangkan bakat tari dan menyanyi ketika berada dalam rombongan stambul (teater sandiwara keliling) kecil. Bersama rombongannya, Devi Dja atau Soetidjah mengelilingi daerah-daerah di Jawa untuk menghibur masyarakat.

Suatu ketika rombongan Soetidjah singgah di Bayuwangi, Jawa Timur. Pada saat itu di tempat yang sama sebuah kelompok sandiwara bernama Dardanella sedang mengadakan pertunjukan. Pendiri Dardanella, Willy Klimanof alias A Piedro asal Rusia, jatuh cinta saat melihat Soetidjah menyanyikan lagu Kopie Soesoe yang saat itu sedang naik daun.

Tidak lama berselang, Piedro pun meminta Soetidjah untuk bergabung dengan Dardanella. Bukan sekadar itu, Piedro ternyata juga meminang perempuan berdarah Yogyakarta tersebut. Meskipun awalnya keluarga Devi Dja keberatan, akhirnya dirinya pun menerima Piedro sebagai suaminya.

Devi Dja yang semulai buta huruf dan kurang berpendidikan, mulai belajar membaca saat ia sudah berada dalam Dardanella. Piedro juga mengajari Devi Dja berbagai pengetahuan umum serta bagaimana dia harus bersikap sebagai seorang seniman.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: