Mengenang Nurnaningsih Artis Tercantik Era 1970-an, Bintang Film Seksi Pertama di Indonesia

Siska Permata Sari · Rabu, 08 September 2021 - 10:29:00 WIB
Mengenang Nurnaningsih Artis Tercantik Era 1970-an, Bintang Film Seksi Pertama di Indonesia
Nurnaningsih artis tercantik era 1970-an dikenal sebagai Bintang film seksi. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Jika di Amerika Serikat ada Marilyn Monroe, Indonesia mempunyai Nurnaningsih. Dia merupakan artis tercantik era 1970-an sekaligus bintang film seksi pertama di Indonesia.

Melansir dari situs Institut Teknologi Budi Utomo, Rabu (8/9/2021), perjalanan karier Nurnaningsih berawal sejak era 1950-an. Film pertamanya saat itu adalah Krisis, garapan sutradara Usmar Ismail pada 1953. 

Sukses dengan film petama, artis cantik asal Surabaya ini kembali bermain film berjudul Harimau Tjampa (1954). Dalam film garapan D Djajakusuma, Nurnaningsih dinilai sangat berani karena tampil setengah telanjang. 

Film Harimau Tjampa juga yang membuat namanya semakin melejit di jagat perfilman Tanah Air. Oleh karenanya, tidak heran jika Nurnaningsih disebut sebagai aktris bom seks pertama di Indonesia. 

Kemudian di tahun yang sama, dia juga bermain dalam film Kelenting Kuning. Namun, seiring dengan namanya yang sedang melejit, Nurnaningsih terjerat kontroversi, di mana foto telanjangnya yang diambil oleh seorang fotografer tak dikenal mulai beredar di Jakarta. 

Gara-gara foto syur tersebut, aktris yang lahir pada 5 Desember 1925 ini harus berurusan dengan kepolisian hingga kejaksaan. Tak hanya itu, skandal tersebut juga membuat masyarakat marah, hingga memboikot sang aktris.

Film terakhirnya di era 1950-an yakni Kebun Binatang dirilis pada 1955, sebelum dia menghilang dari sorotan media dan perfilman. Nurnaningsih lalu muncul kembali pada 1968 lewat film Djakarta, Hongkong, Macao. Film itulah yang mengawali kariernya lagi di industri film Indonesia. Dia bahkan mulai banyak membintangi film-film era 1970-an.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda