Perbedaan Fungsi Otak Kiri dan Kanan 

Ratu Syra Quirinno · Rabu, 14 April 2021 - 22:26:00 WIB
Perbedaan Fungsi Otak Kiri dan Kanan 
Setiap sisi otak mengontrol jenis pemikiran yang berbeda dan karenanya memiliki ciri-ciri kepribadian yang berbeda. (Foto: Entrepreneur)

JAKARTA, iNews.id - Otak adalah pusat komando tubuh manusia. Otak berisi sekitar 86 miliar sel saraf, yang dapat menghasilkan hingga 50.000 pikiran per hari dan dapat memproses informasi dengan cepat. 

Struktur otak memainkan peran kunci dalam membentuk berbagai karakteristik kepribadian. Otak kita memiliki dua sisi, yang dikenal sebagai belahan.  

Belahan kiri mengontrol, sisi kanan tubuh berurusan dengan pemikiran logis dan fungsi linguistik. Belahan kanan mengontrol sisi kiri tubuh kita, berurusan dengan hal-hal, seperti imajinasi, orientasi spasial, dan intuisi. 

Dilansir dari habitaction, penelitian mendalam dan komprehensif atas otak menginspirasi Neuropsikolog, Roger W Sperry untuk mengembangkan teori otak kiri dan otak kanan. Sperry mengembangkan teori otak kiri atau otak kanan pada 1960. Dia percaya setiap otak manusia dominan salah satu sisi otak.  

Setiap sisi otak mengontrol jenis pemikiran yang berbeda dan karenanya memiliki ciri-ciri kepribadian yang berbeda. Dia percaya beberapa individu memanfaatkan kedua sisi otak mereka secara setara, tetapi kebanyakan orang memiliki kecenderungan untuk berpikir dengan cara yang “lebih” pada otak kiri atau kanan. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda