Perjuangan Machica Mochtar Minta Pengakuan Anak dari Moerdiono hingga ke MK

Siska Permata Sari ยท Rabu, 13 Oktober 2021 - 21:48:00 WIB
Perjuangan Machica Mochtar Minta Pengakuan Anak dari Moerdiono hingga ke MK
Machica Mochtar memperjuangkan anaknya agar diakui hingga ke MK. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Machica Mochtar terkenal sebagai salah satu penyanyi dangdut Indonesia. Di samping menyanyi, kehidupan pribadinya juga menarik dan disorot publik. 

Terutama tentang rumah tangganya dengan Menteri Sekretaris Negara pada masa pemerintahan Presiden Soeharto, Moerdiono. Keduanya menikah secara siri pada 20 Desember 1993 dan mempunyai seorang putra bernama Muhammad Iqbal Ramadan.

Sayangnya, rumah tangganya dengan Moerdiono hanya seumur jagung. Keduanya pada akhirnya bercerai pada tahun 1998. Hubungan keduanya tak sampai di situ, perceraian keduanya berbuntut panjang.

Pada 2010, Machica Mochtar telah mengajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK) untuk memperjuangkan agar putranya diakui. Saat itu, pelantun lagu Ilalang ini mengajukan uji pasal 43 ayat 1, UU Perkawinan tentang anak yang dilahirkan di luar perkawinan, hanya memiliki hubungan perdata kepada ibunya.

Di masa-masa itu, Machica Mochtar tak menyerah berjuang demi pengakuan anaknya. Pada akhirnya, perjuangan itu pun berbuah manis. 

Di tahun 2012, Machica Mochtar menang. Dia akhirnya merasa lega dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap uji materi undang-undang pernikahan tersebut. 

Lantaran hal tersebut Pasal 43 ayat (1) UU Perkawinan No. 1/1974 diubah dan menjadi ‘anak yang dilahirkan di luar perkawinan mempunyai hubungan perdata dengan ibunya dan keluarga ibunya serta dengan laki-laki sebagai ayahnya yang dapat dibuktikan berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan/atau alat bukti lain menurut hukum mempunyai hubungan darah, termasuk hubungan perdata dengan keluarga ayahnya’.

“Sekarang masa depan dan untuk masalah pendidikan anak saya bisa lebih jelas,” kata Machica di Gedung Mahkamah Konstitusi, pada Februari 2012 silam. 

Kini, putra Machica dan Moerdiono sudah dewasa. Putranya, Iqbal, kini telah berusia 25 tahun dan baru saja lulus Fakuktas Hukum di Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI).

Editor : Dyah Ayu Pamela

Bagikan Artikel: