Pesan Tersembunyi di Balik Gaun Natalie Portman

Siska Permata Sari ยท Senin, 10 Februari 2020 - 16:00:00 WIB
Pesan Tersembunyi di Balik Gaun Natalie Portman
Natalie Portman menaruh nama-nama sutradara perempuan dalam gaunnya. (Foto: Instagram).

LOS ANGELES, iNews.id - Parasite dan Joaquin Phoenix memang menjadi sorotan di atas panggung Academy Award ke-92 atau Oscar 2020. Namun ada yang tak kalah mencuri perhatian di ajang penghargaan yang dihelat di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (9/2) waktu setempat.

Dia adalah Natalie Portman, aktris yang malam itu menjadi pembaca nominasi bersama aktor muda Timothée Chalamet. Di ajang itu, Natalie tampil spesial dengan gaun rancangan Christian Dior yang dibuat secara custom.

Bukan sembarang baju pesta, gaun hitam dengan detil sulaman emas serta cape tersebut ternyata memiliki pesan tersembunyi. Ada nama-nama yang tersulam di balik jubahnya.

Nama-nama sutradara perempuan yang tidak masuk ke dalam nominasi Oscar 2020. Di antaranya ada Lorena Scafaria (Hustlers), Lulu Wang (The Farewell), Greta Gerwig (Little Women), Melina Matsoukas (Queen & Slim), dan Céline Sciamma (Portrait of a Lady on Fire).

Mereka adalah sutradara perempuan yang dinilai layak masuk ke dalam jajaran nominasi Sutradara Terbaik (yang dimenangkan oleh Bong Joon-ho), yang didominasi oleh pria.

Nominasi sutradara terbaik Oscar 2020 adalah Martin Scorsese (The Irishman), Todd Phillips (Joker), Quentin Tarantino (Once upon a Time in Hollywood), Sam Mendes (1917), dan Bong Joon Ho (Parasite).

"Saya ingin memperkenalkan para wanita yang tidak dikenal karena pekerjaan luar biasa mereka tahun ini," ujar Natalie Portman seperti dikutip dari LA Times, Senin (10/2/2020).

Gaun aktris tersebut dinilai sebagai bentuk protes terhadap Academy of Motion Picture Arts and Sciences atas tidak adanya sutradara perempuan di daftar Sutradara Terbaik. Namun, salah satu karya Greta Gerwig yakni Little Women berhasil menjadi salah satu nominasi di kategori Best Picture.

Sementara itu karya Céline Sciamma, Portrait of a Lady on Fire masuk ke kategori Best international feature film yang akhirnya dimenangkan oleh Bong Joon-ho dengan karya Parasite.

Editor : Adhityo Fajar

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda