Protes Perubahan Iklim, Joaquin Phoenix 'Joker' Ditahan

Siska Permata Sari ยท Minggu, 12 Januari 2020 - 16:43 WIB
Protes Perubahan Iklim, Joaquin Phoenix 'Joker' Ditahan

Joaquin Phoenix ditahan karena ikut protes perubahan iklim. (Foto: Screenrant)

JAKARTA, iNews.id - Aktor utama film Joker (2019), Joaquin Phoenix ditahan lantaran terlibat dalam unjuk rasa yang memprotes tentang perubahan iklim di Washington DC. Penangkapan pada aktor peraih penghargaan Golden Globe 2020 tersebut terjadi pada Jumat 10 Januari 2020.

Unjuk rasa tersebut diadakan di Washington DC dan telah dihadiri oleh banyak selebriti senior, di antaranya Sam Waterston, Sally Field, Ted Danson, Catherine Keener, Diane Lane, dan Lily Tomlin.

Menurut laporan Deadline, Phoenix ditangkap pada Jumat lalu karena berpartisipasi dalam rapat umum. Sebelum ditangkap, aktor film 'Her' ini berbicara tentang masalah perubahan iklim yang sedang terjadi di seluruh dunia.

"Terkadang kita bertanya-tanya apa yang bisa kita lakukan dalam perang melawan perubahan iklim ini, dan ada sesuatu yang dapat Anda lakukan hari ini dan besok, dengan membuat pilihan tentang apa yang Anda konsumsi," kata Phoenix, seperti dikutip dari Screen Rant, Minggu (12/1/2020).

Dia sempat menyinggung perubahan iklim dalam pidatonya saat meraih penghargaan Golden Globe 2020 beberapa waktu lalu.

"Aku ingin berterima kasih kepada Hollywood Foreign Press karena mengakui dan memahami kaitan antara peternakan dengan perubahan iklim. Ini adalah langkah yang berani, membuat makan malam ini (menggunakan) bahan-bahan tumbuhan dan ini benar-benar memberikan pesan yang kuat," tutur dia saat pidato di Golden Globe 2020.

Dia juga menyindir para artis Hollywood dengan gaya glamornya yang secara tak sadar dapat mempengaruhi perubahan iklim. "Terkadang kita harus ikut bertanggung jawab dan membuat perubahan yang mengorbankan diri kita. Aku harap kita bisa melakukannya, kita kadang tak harus menumpang jet pribadi ke Palm Springs," kata dia.

Sementara itu, ada sekitar 300 orang yang berpartisipasi dalam unjuk rasa 'Fire Drill Fridays' yang diinisiasi oleh Jane Fonda. Phoenix ditangkap bersama sesama aktor Martin Sheen di Capitol Hill, Washington DC, Amerika.


Editor : Tuty Ocktaviany