Terharu, Soimah Bangun Pendopo untuk Seniman: Saya Prihatin sama Mereka

Ravie Wardani ยท Minggu, 10 Oktober 2021 - 07:01:00 WIB
Terharu, Soimah Bangun Pendopo untuk Seniman: Saya Prihatin sama Mereka
Soimah prihatin dengan nasib seniman di tengah pandemi. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id 5- Soimah Pancawati atau yang akrab disapa Soimah, mengaku prihatin dengan kehidupan para seniman. Lantaran itu, dia rela membangun pendopo sebagai ruang berkarya pelaku seni di daerahnya. 

Saat menjadi bintang tamu di YouTube Deddy Corbuzier, sinden asal Jawa itu ternyata kerap mendengar keluh kesah para seniman. Pasalnya, kehidupan pelaku seni acap kali tak mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Alhasil, banyak diantaranya yang tak mendapat kehidupan layak. 

"Elo bikin pendopo kan buat seniman?" tanya Deddy Corbuzier dikutip dari YouTube-nya, Minggu (10/10/2021). 

"Iya jadi begini, saya mendengar keluhan-keluhan dari teman-teman seniman. Jadi banyak kekurangan ruang untuk latihan dan segala macem. Dan latihan harus bayar, sedangkan bayarannya nggak seberapa, tapi dia perlu latihan aja tempatnya itu harus bayar," kata Soimah. 

Menurutnya, pendapatan yang minim membuat seniman tak mampu membayar tempat berlatih sebelum naik panggung. Tak jarang, pendapatan tersebut dibagi untuk beberapa orang. Belum lagi perihal perut. Soimah menilai hasil untuk menyewa tempat berlatih kerap mengurangi pendapatan para seniman. 

"Pasti ada konsumsi, walaupun itu gorengan teh hangat. Tapi kalau dihitung beberapa kali kan akan mengurangi (pendapatan)," katanya. 

Sinden kelahiran 29 September 1980 itu juga mengaku tersentuh. Usut punya usut tindakan Soimah ini telah menjadi impiannya sejak dulu. Mengingat ibu dua anak itu juga dikenal sebagai penyanyi yang kental dengan kesenian Jawa. 

"Makanya kesentuh, sebenarnya pengen juga punya cita-cita ngasih ruang buat teman-teman seniman. Ibaratnya silahkan kalau mau buat latihan," tutur Soimah.  

Mendengar cerita Soimah, Deddy Corbuzier lantas mengaku sedih. Mantan suami Kalina Ocktaranny seraya turut merasakan sulitnya hidup para seniman. 

"Mae maaf, gue sedih lho ini barusan," ujar Deddy Corbuzier.

Editor : Elvira Anna

Bagikan Artikel: