Vitamin D Bisa Kuatkan Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi Corona, Yuk Jaga Pola Diet Anda

Siska Permata Sari ยท Selasa, 31 Maret 2020 - 11:32 WIB
Vitamin D Bisa Kuatkan Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi Corona, Yuk Jaga Pola Diet Anda

Jaga pola diet Anda dengan konsumsi telur. (Foto: Ilustasi AFP)

JAKARTA, iNews.id - Karantina dan isolasi mandiri di rumah adalah hal penting untuk mencegah penyebaran virus corona baru (Covid-19). Namun, mendapatkan vitamin dan mineral yang cukup untuk tubuh juga tidak kalah penting, termasuk vitamin D.

Vitamin D penting untuk sistem kekebalan tubuh Anda, terlebih di tengah penyebaran virus corona. Di lain sisi, kadar vitamin D yang rendah telah dikaitkan dengan konsekuensi kesehatan yang serius, termasuk seperti osteoporosis, kanker, depresi, kelemahan otot, bahkan kematian.

Gejala kekurangan vitamin D

Jika Anda mengalami nyeri tulang dan kelemahan otot, kemungkinan Anda mengalami gejala kekurangan vitamin D. Namun bagi banyak orang, gejalanya sulit dirasakan. Bahkan tanpa gejala, kekurangan vitamin D dapat menimbulkan risiko kesehatan.

Menurut laporan WebMD yang dilansir Selasa (31/3/2020), kadar vitamin rendah dalam darah telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular, gangguan kognitif pada orang dewasa yang lebih tua, asma parah pada anak-anak, dan kanker.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin D dapat berperan dalam pencegahan dan pengobatan sejumlah kondisi berbeda, termasuk diabetes tipe 1 dan tipe 2, serta hipertensi.

Apa yang menyebabkan Anda kekurangan vitamin D?

Pola diet

Dalam mengonsumsi makanan, Anda memerlukan kecukupan gizi yang seimbang, termasuk mendapatkan vitamin dan mineral yang Anda butuhkan. Namun, kekurangan vitamin D bisa terjadi apabila Anda menerapkan diet vegan yang ketat. Sebab, sebagian besar sumber alami vitamin D berasal dari produk hewani, termasuk ikan dan minyak ikan, kuning telur, susu yang diperkaya, dan hati sapi.

Kurang terpapar sinar matahari

Walaupun menjalani karantina dan isolasi mandiri, penting juga bagi Anda untuk mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Sebab, tubuh membuat vitamin D ketika kulit Anda terkena sinar matahari, sehingga jika Anda mungkin berisiko kekurangan vitamin D jika Anda hanya tinggal di rumah.

Berjemur juga disarankan di masa pandemi ini karena vitamin D juga membantu tubuh melawan penyakit, termasuk penyakit jantung, flu, dan penyakit autoimun dan kanker.

Menurut laporan Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), Anda dapat membuat cukup vitamin D dari berjemur setiap hari dalam waktu singkat dengan lengan, tangan, atau kaki bagian bawah terbuka dan tanpa tabir surya.

Editor : Tuty Ocktaviany