TOP 5, Banjir Awal 2020 dan Kisah Heroik Taruna Akmil Putra Asli Papua

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 03 Januari 2020 - 19:20 WIB

JAKARTA, iNews.id – Bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di Pulau Jawa pada awal 2020, paling banyak menyedot perhatian pembaca. Dua peristiwa terkait musibah itu menempati daftar teratas di TOP 5 iNews.id pekan ini.

Di urutan pertama, ada berita tentang banjir yang menerjang Jakarta saat Tahun Baru. Hujan deras yang mengguyur sejak Selasa (31/12/2019) hingga Rabu (1/1/2020) pagi, membuat berbagai wilayah Ibu Kota direndam banjir. Di sejumlah titik, banjir membuat akses transportasi sementara lumpuh.

Tak hanya Jakarta, sejumlah kawasan di kota penyangga Ibu Kota seperti Bekasi dan Tangerang Selatan juga direndam banjir. Di Perumahan Gading Mutiara Timur, Bekasi, misalnya, ketinggian air sekitar satu meter.

Di urutan kedua, ada berita banjir bandang yang menerjang Km 136 Tol Cipali, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (31/12/2019). Video mengenai banjir itu pun viral di media sosial. Tampak banjir cukup tinggi memenuhi jalan tol dan menyebabkan arus lalu lintas terganggu.

Berikutnya di urutan ketiga, ada berita tentang pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Istana Negara Yogyakarta, Rabu (1/1/2020) siang. Pertemuan itu menjadi jamuan perdana Jokowi di Tahun Baru 2020.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi dan Prabowo kompak mengenakan kemeja panjang putih. Prabowo terlihat mengenakan peci berwarna hitam. Kedua tokoh nasional itu tampak didampingi putra masing-masing, yaitu Kaesang Pangarep dan Didit Hediprasetyo.

Prabowo menyebut Jokowi memiliki langkah besar dalam bidang pertahanan. Oleh karenanya, dia akan segera menyinkronkan apa saja yang akan dikerjakan Kemhan.

Di urutan keempat, ada berita tentang anggota Polri tersangka penyerangan terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, dibawa ke Bareskrim Polri. Keduanya dikeluarkan dari tahanan Polda Metro Jaya, Sabtu (28/12/2019) siang.

Tersangka RB berada di depan. Di belakangnya menyusul RM. Keduanya keluar dengan kawalan ketat anggota kepolisian. RM dan RB tampak mengenakan seragam tahanan warna jingga. Kedua tangan mereka diborgol.

Menerabas kerumunan media, kedua tersangka tak banyak bicara. Namun saat dicecar, RB merespons dengan teriakan. “Tolong dicatat, saya enggak suka sama Novel karena dia pengkhianat,” kata RB. Setelah itu, keduanya dibawa masuk dalam mobil yang akan membawa ke Bareskrim.

Sementara di urutan kelima, ada kisah heroik tiga taruna Akmil Papua menyelamatkan penumpang kecelakaan speedboat (kapal cepat) di Raja Ampat. Saat kejadian, tiga taruna Akmil sekaligus putra asli Papua itu bersama keluarga mereka sedang melakukan perjalanan menuju Waisai, Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat. Ketiga taruna itu adalah Sersan Mayor Satu Taruna Daniel Mambrasar, Sersan Mayor Satu Taruna Bima Mahuse, dan Sersan Mayor Satu Taruna Osvaldo Mambrasar.

Awalnya, mereka hendak pulang usai liburan di kampung halaman seorang rekan mereka di Kampung Freewen saat mendapati kejadian kecelakaan laut speedboat wisata di Perairan Saonek. Mengetahui adanya kecelakaan laut, ketiganya dengan sigap menyelamatkan seluruh penumpang termasuk kru kapal.

Video Editor: Ifaldi Musyadat
Cameraman: Dharma Pandularas

Editor : Dani Dahwilani

Bagikan Artikel: