TOP 5, Video Presiden Jokowi Kunjungi Natuna dan OTT Komisioner KPU Wahyu Setiawan

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 10 Januari 2020 - 21:29 WIB

JAKARTA, iNews.id - Sengketa saling klaim antara Republik Rakyat China (RRC) dan Indonesia atas Perairan Natuna di Kepulauan Riau (Kepri) mendapat perhatian cukup banyak dari publik Tanah Air. Salah satunya adalah berita video kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Perairan Natuna yang menempati urutan pertama daftar TOP 5 iNews.id pekan ini.

Jokowi dan rombongan tiba di pangkalan udara TNI AU Raden Sajad, Kabupaten Natuna, Rabu (8/1/2020) pagi. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi diagendakan bertemu ratusan nelayan Natuna dan meninjau langsung kawasan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) di Perairan Natuna dengan kapal perang TNI AL.

Dalam keterangannya ketika itu, Jokowi menyatakan kedaulatan tidak bisa ditawar-tawar. Dia menyebut Natuna adalah teritorial Indonesia, di mana daerah itu mempunyai kabupaten, bupati, gubernur, dan 81.000 penduduk.

Di urutan kedua, ada berita penangkapan seorang komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam operasi tangkap tangan (OTT) oleh tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (8/1/2020). Ketua KPK Firli Bahuri membenarkan adanya OTT pada waktu itu. Belakangan, diketahui bahwa komisioner KPU yang terjaring itu adalah Wahyu Setiawan.

Berikutnya di posisi ketiga, ada berita imbauan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kepada masyarakat Indonesia agar mewaspadai dan meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi cuaca ekstrem untuk sepekan ke depan. Masyarakat pun diminta mengantisipasi peristiwa banjir, longsor dan angin kencang dampak dari cuaca ekstrem tersebut.

Cara yang dapat dilakukan antara lain dengan mengamankan dokumen penting, menyiapkan tas siaga bencana yang dapat dibawa secara cepat. Isi tas siaga bencana dapat berupa makanan, minuman, pakaian, senter, peluit, radio, obat-obatan, dan lain sebagainya sesuai keperluan.

Di urutan keempat, ada berita tentang sosok Reynhard Sinaga yang membuat malu Indonesia. WNI berumur 36 tahun itu divonis hukuman seumur hidup lantaran memerkosa puluhan pria di Manchester, Inggris.

Modus yang digunakan gay predator itu adalah membius para korbannya dengan minuman beralkohol yang sudah dicampur obat bius. Begitu “mangsanya” hilang kesadaran, ketika itulah Reynhard melakukan aksi bejatnya.

Terakhir di posisi kelima TOP 5 iNews.id pekan ini, ada berita tentang pernyataan Iran yang tak lagi akan membatasi jumlah pengayaan uranium mereka seperti yang pernah diatur dalam perjanjian nuklir 2015. Pengumuman itu menjadi sinyal lain dari dampak tewasnya petinggi militer Iran, Mayor Jenderal Qasem Soleimani, di Baghdad pada Jumat (3/1/2020) dalam serangan drone yang diperintahkan Presiden AS Donald Trump.

Video Editor: Ifaldi Musyadat
Cameraman: Dharma Pandularas

Editor : Tuty Ocktaviany

Bagikan Artikel: