10 Negara Akan Normalisasi Hubungan dengan Israel Usai Pilpres AS 2020, Termasuk Arab Saudi?

Arif Budiwinarto ยท Rabu, 28 Oktober 2020 - 12:36:00 WIB
10 Negara Akan Normalisasi Hubungan dengan Israel Usai Pilpres AS 2020, Termasuk Arab Saudi?
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengatakan setidaknya ada 10 negara diharapkan akan menormalisasi hubungan dengan Israel setelah Pilpres AS 2020. (foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengatakan setidaknya 10 negara diharapkan akan menormalisasi hubungan dengan Israel. Kata Trump sebagian besar akan merealisasikannya setelah pemilihan presiden AS bulan depan.

Sejauh ini Amerika Serikat berhasil menengahi normalisasi hubungan tiga negara Arab dengan Israel yakni Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain pada Agustus dan September lalu, serta yang terbaru Sudan.

Dalam rangkaian kampanye pilpres AS 2020, Trump kembali menegaskan keyakinannya lebih banyak negara di kawasan Timur Tengah akan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel di masa mendatang.

"Sekarang sudah ada lima (negara normalisasi hubungan dengan Israel, tetapi mungkin saja menjadi sembilan atau sepuluh, kami akan menambah lebih banyak negara. Saya pikir kami akan memiliki mereka," kata Trump dalam kampanye di Pangkalan Udara Andrews dikutip dari Times of Israel, Rabu (28/10/2020).

Normalisasi hubungan kunci stabilitas kawasan Timur Tengah

Editor : Arif Budiwinarto

Halaman : 1 2 3