100 Penghuni Apartemen Hong Kong Dikarantina Setelah 2 Orang Terinfeksi Virus Korona

Anton Suhartono ยท Selasa, 11 Februari 2020 - 11:38:00 WIB
100 Penghuni Apartemen Hong Kong Dikarantina Setelah 2 Orang Terinfeksi Virus Korona
Petugas membersihkan jalan masuk ke apartemen Hong Mei House (Foto: China Daily)

HONG KONG, iNews.id - Sekitar 100 penghuni apartemen Hong Mei House di Distrik Tsing Yi, Hong Kong, dievakuasi dan dikarantina sejak Senin (10/2/2020) pukul 23.00 waktu setempat.

Penyebabnya, dua penghuni blok apartemen yang tinggal di lantai berbeda dinyatakan positif terinfeksi virus korona.

Para ahli menganalisis, virus diduga ditularkan melalui saluran pembuangan air berbentuk 'U' di toilet.

Saat wabah SARS melanda Hong Kong pada 2003, pembuangan limbah dengan rancangan serupa di Amoy Gardens, Kwun Tung, diyakini menjadi penyebab penularan.

Menurut ahli mikrobiologi Yuen Kwok Yung, seperti dikutip dari China Daily, Selasa (11/2/2020), pipa toilet yang berada di apartemen seorang perempuan berusia 75 tahun itu tidak terisolasi dengan baik, sehingga sangat memungkinkan virus ditularkan. Dia merupakan penderita virus korona ke-42 yang terkonfirmasi di Hong Kong hingga Selasa.

Kasus penularan serupa terjadi pada penderita ke-12 yang tinggal di apartemen yang sama. Namun tempat tinggal mereka terpisah 10 lantai.

Pusat Perlindungan Kesehatan Hong Kong (CHP) mendatangi Hong Mei House pada Senin malam dan memeriksa semua warga yang tinggal di unit bernomor 7 dari blok apartemen berlantai 30 lantai itu.

Penghuni yang memiliki gejala virus korona akan dikirim ke rumah sakit untuk diisolasi. Sementara penghuni yang tidak mengalami gejala akan dibawa ke karantina.

Selanjutnya departemen Kesehatan akan memberikan panduan kepada warga tentang pembersihan dan disinfeksi pipa drainase. Salah satu caranya dengan menuangkan setengah liter air ke saluran pembuangan 'U' untuk memastikan kebersihan.

Selain itu, warga juga diminta menutup kloset terlebih dulu sebelum mem-flush agar kuman tidak menyebar.


Editor : Anton Suhartono