11.000 Musang di Denmark Dimusnahkan terkait Virus Corona, 1 Anjing Terinfeksi

Anton Suhartono ยท Minggu, 21 Juni 2020 - 13:01 WIB
11.000 Musang di Denmark Dimusnahkan terkait Virus Corona, 1 Anjing Terinfeksi

11.000 musang di Denmark dimusnahkan terkait kekhawatiran virus corona (Foto AFP)

KOPENHAGEN, iNews.id - Otoritas Denmark memusnahkan sekitar 11.000 ekor musang dari dua peternakan pada Kamis lalu setelah ditemukan kasus virus corona pada beberapa hewan tersebut.

Menyusul temuan tersebut, beberapa hari kemudian seekor anjing di salah satu peternakan dinyatakan positif virus corona.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Pangan Denmark menyatakan, anjing itu merupakan hewan peliharaan pemilik peternak di Jutland Utara.

"Pemilik peternakan dan anjing tersebut harus menghindari kontak dekat dengan hewan lain dan orang-orang di luar lingkungan serta memperhatikan kebersihan," demikian keterangan kementerian, dikutip dari Xinhua, Minggu (21/6/2020).

Pemusnahan 11.000 musang itu sebagai langkah pencegahan meskipun hanya dua yang dinyatakan positif.

Sejak itu pula kedua peternakan yang berdekatan tersebut ditutup dan tidak ada satu pun hewan yang boleh dibawa masuk maupun keluar. Selain itu hanya sejumlah orang yang diberikan akses.

Kementerian menilai, temuan kasus Covd-19 pada musang ini akan ditindaklanjuti dengan peninjauan atau pemeriksaan lebih luas terhadap hewan yang sasma di peternakan lain.

Pemerintah Denmark akan memulai pengujian terhadap 120 peternakan di seluruh negera untuk mengetahui apakah infeksi meluas atau tidak.

Sejauh ini Denmark melaporkan 12.391 kasus virus corona, sebanyak 600 di antaranya meninggal.

Editor : Anton Suhartono