121 Orang Masih Hilang, Gedung Ambruk di AS Justru Akan Diledakkan

Umaya Khusniah ยท Minggu, 04 Juli 2021 - 11:51:00 WIB
121 Orang Masih Hilang, Gedung Ambruk di AS Justru Akan Diledakkan
Bangunan yang sebagian runtuh terlihat di Surfside, dekat Miami Beach, Florida, AS, 24 Juni 2021. (Foto: REUTERS)

FLORIDA, iNews.id - Pencarian korban selamat dan tewas pada sebuah kondominium daerah Miami, Amerika Serikat (AS) dihentikan pada Sabtu (3/7/2021). Bangunan yang sebagian runtuh ini akan diledakkan sebelum Badai Tropis Elsa datang. 

Penghancuran kompleks kondominium Champlain Towers South 12 lantai di Surfside ini rencanannya akan dilakukan pada Minggu (4/7/2021). 

Wali Kota Miami-Dade County, Daniella Levine Cava mengatakan, persiapan untuk menghancurkan sisa bangunan telah disiapkan. Penghancuran bangunan menjadikan proses pencarian dan penyelamatan korban tidak dapat berjalan aman. 

"Kami bergerak secepat mungkin. Kami masih berharap bisa melakukan pembongkaran sebelum badai," kata Cava.

Dilansir dari Reuters, petugas pemadam kebakaran mengatakan, bangunan itu akan dibongkar secara terkendali menggunakan bahan peledak dan bukan dengan bola perusak atau metode lainnya. Kontraktor memeriksa lokasi pada hari Sabtu untuk membuat rencana peledakan.

Pejabat terkait mengatakan, ada dua mayat yang ditemukan pada Sabtu lalu. Dengan demikian, jumlah korban tewas yang ditemukan berjumlah 24 orang. Sementara jumlah korban yang belum ditemukan berkurang dari 124 menjadi 121 orang pada pencarian hari ke-10. 

Kepala Pemadam Kebakaran Miami, Dade Alan Cominsky sebelumnya mengatakan, pembongkaran sisa bangunan harus dilakukan sesegera mungkin. Hal ini karena badai Elsa diperkirakan akan mencapai Florida selatan pada Senin pagi.

"Kami tidak akan memiliki kendali atas di mana bada datang," katanya.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: