4 Wilayah Ukraina Setuju Gabung Rusia, Mantan Presiden: Selamat Datang!

Anton Suhartono ยท Rabu, 28 September 2022 - 09:21:00 WIB
4 Wilayah Ukraina Setuju Gabung Rusia, Mantan Presiden: Selamat Datang!
Dmitry Medvedev (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Hasil referendum di empat wilayah Ukraina, yakni Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, dan Kherson, sudah diketahui. Mayoritas penduduk di semua wilayah tersebut ingin bergabung dengan Rusia.

Merespons hasil tersebut, Wakil Ketua Dewan Keamanan yang juga mantan presiden Rusia, Dmitry Medvedev, menegaskan hasil dari referendum sudah jelas. 

"Referendum telah selesai. Hasilnya jelas. Selamat datang di Rusia," kata Medvedev, dalam pernyataan di Telegram, seperti dilaporkan kembali Sputnik, Rabu (28/9/2022).

Data terakhir dari komisi pemilihan setempat mengungkap, hasil referendum di Kherson menunjukkan 87,05 persen mendukung wilayah itu bergabung dengan Federasi Rusia.

Hasil jauh lebih meyakinkan diungkap komisi pemilihan Republik Rakyat Luhansk (LPR). Setelah menghitung semua surat suara, sebanyak 98,42 persen memilih untuk bergabung dengan Rusia.

Sebelumnya hasil resmi juga diungkap komisi pemilihan Zaporizhzhia, 93 persen pemilih di wilayah itu setuju bergabung dengan Rusia. Sebagian besar wilayah Zaporizhzhia direbut Rusia sejak invasi pada 24 Februari, namun ibu kota wilayah, Kota Zaporizhzhia, masih dalam penguasaan Ukraina. Oleh karena itu Melitopol akan menjadi ibu kota Zaporizhzhia pascareferendum.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda