5 Fakta Unik Negara Tonga, Tempat Paling Berbahaya di Dunia

Pandika Adi Putra ยท Rabu, 09 Maret 2022 - 20:19:00 WIB
5 Fakta Unik Negara Tonga, Tempat Paling Berbahaya di Dunia
negara Tonga

JAKARTA, iNews.id - Fakta unik negara Tonga ternyata banyak menarik perhatian banyak orang. Terutama dengan julukan tempat paling berbahaya di dunia membuat banyak pertanyaan di benak orang. Apa sebabnya?

Ternyata,  negara di kepulauan Polinesia ini pernah mengalami bencana letusan gunung berapi bawah laut dan tsunami yang sangat dahsyat. Akibatnya, negara  di Samudera Pasifik bagian Selatan ini pernah luluh lantah dan mengalami kerusakan.

Bencana letusan gunung berapi bawah laut terjadi pada 15 Januari 2022 mendapat perhatian dari negara tetangga terdekat, yaitu Australia dan Selandia Baru. Kedua negara itu memberikan bantuan kemanusiaan, seperti air bersih, logistik makanan, alat komunikasi, hingga peralatan medis.

  • Bencana mengerikan itulah yang menjadikan Tonga dijuluki sebagai negara paling berbahaya di dunia. Selain itu ternyata Tonga memiliki fakta unik lainnya. Ada apa saja? Simak di sini.

Fakta Unik Negara Tonga

1. Penganut Sistem Monarki Kuno

Fakta unik negara Tonga pertama adalah dari sistem pemerintahan yang dianut. Diperkirakan para cendekiawan negara ini pertama kali dijadikan pemukiman pada tahun 826 SM di kota tertuanya, yaitu Nukulake. 

Orang-orang Tonga dahulu memiliki peranan terpenting di seluruh wilayah Pasifik Tengah. Pada tahun 1845 seorang prajurit muda menyatukan Tonga dan mendapat gelar tertinggi Tui Kanokupolu sebagai Raja George Tupou I. Ia pun mendeklarasikan Tonga sebagai Negara Monarki Konstitusional Tonga.

Tonga pun menjadi satu-satunya negara monarki pribumi yang bertahan di kepulauan pasifik sejak 1500 SM. Negara ini baru merdeka dan menjadi negara persemakmuran Inggris sejak 1970. Saat ini, Tonga memiliki Raja George Tupou Ke-VI yang dipilih pada tahun 2012 lalu.

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda