7 Fakta Westminster Abbey, Ternyata Bukan Pemakaman Khusus Raja dan Ratu Inggris

Anton Suhartono ยท Senin, 19 September 2022 - 13:53:00 WIB
7 Fakta Westminster Abbey, Ternyata Bukan Pemakaman Khusus Raja dan Ratu Inggris
Westminster Abbey (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Westminster Abbey menjadi tempat digelarnya pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II, Senin (19/9/2022). Tempat tersebut sejak hampir 1.000 tahun menjadi pusat kegiatan kerajaan Inggris, seperti pernikahan, penobatan raja, hingga pemakaman.

Tidak heran jika bangunan yang berlokasi di pusat London itu menjadi salah satu ikon monarki Inggris. Namun ternyata bukan hanya raja, ratu, atau keluarga kerajaan Inggris yang menjalani prosesi pemakaman di Westminster Abbey. Ada seniman, tentara, hingga perdana menteri (PM) Inggris yang juga dimakamkan di sana. 

Ratu Elizabeth II menyaksikan penobatan ayahnya, dinobatkan sebagai ratu, menikah dengan Pangeran Philip, hingga menjalani prosesi pemakaman kenegaraan juga di Wesminster Abbey.

Berikut fakta-fakta seputar Westminster Abbey, seperti dikutip dari Reuters:

1. Bangunan asli gereja didirikan di lokasi itu pada abad ke-11 oleh Raja Edward the Confessor. Sementara gereja yang ada saat ini yang juga salah satu landmark terkenal di London, berasal dari tahun 1245. Pembangunannya dimulai pada masa kekuasaan Raja Henry III.

2. Saat berusia 11 tahun Ratu Elizabeth II kecil menyaksikan ayahnya dinobatkan di Westminster Abbey. Setelah dewasa, dia menikah dengan Pangeran Philip pada 20 November 1947 serta dinobatkan sebagai ratu pada 2 Juni 1953 juga di tempat tersebut. Ratu juga rutin datang untuk menghadiri perayaan dan peringatan nasional dan internasional serta pernikahan dan pemakaman anggota keluarga kerajaan.

3. Ratu terakhir mengunjungi Westminster Abbey saat menghadiri Thanksgiving untuk Pangeran Philip pada 29 Maret 2022.

4. Westminster Abbey juga menjadi tempat pernikahan Pangeran William dengan Kate Middleton pada 29 April 2011. Pangeran William kini menjadi pewaris takhta kerajaan yang bakal menggantikan Raja Charles III kelak.

5. Raja Inggris pertama yang dimakamkan di Westminster Abbey adalah Raja Edward pada 1066. Hingga tahun 1760, 13 raja Inggris dan empat ratu yang memerintah termasuk Elizabeth I, dimakamkan di sana.

6. Mary Queen of Scots juga dimakamkan di Westminster Abbey. George II merupakan raja terakhir yang dimakamkan di sana. Sejak itu pemakaman kerajaan dilakukan di Kapel St George, Kastil Windsor, atau di Frogmore, perkebunan yang bersebelahan dengan kastil.

7. Bukan hanya keluarga kerajaan, ada delapan perdana menteri dan sejumlah tokoh militer, seniman, dan tokoh terkemuka lain yang juga dimakamkan di Westminster Abbey. Bahkan tempat itu ada kompleks Pemakaman Prajurit Tidak Dikenal.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda