Adik Kim Jong Un: Korut Tak Berniat Ancam AS

Anton Suhartono ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 13:05:00 WIB
Adik Kim Jong Un: Korut Tak Berniat Ancam AS
Kim Yo Jong (Foto: AFP)

SEOUL, iNews.id - Korea Utara (Korut) menegaskan tak berniat mengancam Amerika Serikat (AS). Hubungan kedua negara panas-dingin setelah pertemuan Donald Trump dan Kim Jong Un untuk membahas pelucutan senjata nuklir tak kunjung membuahkan hasil.

Kim Yo Jong, adik perempuan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, negaranya tak berniat mengancam AS sepanjang negara itu tak macam-macam.

"Kita tidak punya niat untuk mengancam AS. Sejauh mereka tidak menyentuh dan melukai kami, segalanya akan berjalan seperti biasa,” kata perempuan yang disebut-sebut berpotensi menggantikan Kim Jong Un itu, seperti dilaporkan kantor berita KCNA, Jumat (10/7/2020).

Terkait keinginan Trump bertemu dengan kakaknya pada Oktober atau sebulan sebelum Pemilihan Presiden (Pilpres) AS, Yo Jong  mengatakan pertemuan itu hanya akan menguntungkan pemerintahan AS saat ini.

Dia menegaskan, pertemuan kedua pemimpin mungkin tak akan digelar tahun ini, namun tak bisa pula memastikannya.

“Tapi kita tidak pernah tahu," ujarnya.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo sangat berharap pembicaraan dengan Korut akan berlanjut.

Korut mengenyampingkan gagasan digelarnya pertemuan lanjutan Kim dan Trump. Korut ingin AS mengubah sikap terlebih dulu sebelum duduk satu meja membahas denuklirisasi.

"Kami tidak mengatakan, tidak akan pernah melakukan denuklirisasi, tapi kami tegaskan tidak bisa melakukannya sekarang," kata Yo Jong.


Editor : Anton Suhartono